Salah satu Ikan Hias Termahal Didunia Channa Barca ikan hias predator

Salah satu Ikan Hias Termahal Didunia  Channa Barca ikan hias predator

Channa barca 

Sumber Yt abang kojeck

Channa Barca merupakan salah satu jenis ikan hias gabus termahal yang ada di dunia.  Ikan ini harganya bisa mancapai puluhan juta saat berukuran dewasa. 

Dikutip dari channel YouTubenya DeHakims,  harga per 1 sentimeter ikan Channa Barca ini bisa mencapai 1 juta rupiah. Hingga kini Channa Barca menduduki peringkat pertama diantara ikan ikan gabus lainnya di Indonesia.

Habitat Channa Barca

Ikan Channa Barca hidup di perairan beriklim subtropics dengan suhu 24 sampai 30°C dengan kandungan PH air 6.5 sampai 8.0.

Meskipun memiliki nama Barca, ikan ini tidak berasal dari Spanyol. Ikan Channa Barca ini berasal dari India dan Bangladesh ikan ini menjadi mahal dikarena habitat aslinya ada di daerah hutan yang dilindungi pemerindah india. \

Corak dan warna Ikan gabus Channa Barca membuat ikan ini pantas menjadi primadona untuk penghobi ikan channa, maka wajar jika harganya paling mahal. 

Ciri – Ciri Channa Barca

Anakan ikan Channa Barca yang berkualitas memiliki ciri ciri sebagai berikut : 

  • Memiliki tubuh lebih panjang dan ada garis kuning di tubuhnya
  • berwarna kuning terang dengan bitnik hitam dari kepala sampai ekor
  • Sirip ikan berwarna kuning disertai bitnik hitam
  • Ukuran kepala lebih besar dan terlihat membulat

Semakin dewasa ikan Channa Barca akan berubah warna dari kuning ke biru kehijauan (biru tosca).

Warna Channa Barca dewasa didominasi biru kehijauan dengan bintik hitam yang membentuk pola tertentu. Semakin banyak bitnik hitam pada channa ini semakin indah dan tinggi harganya.

Sirip Channa Barca bagian atas berwarna oranye samar-samar, sedangkan sirip bagian bawahnya berwarna biru kehijauan. Yang menarik adalah kedua sirip ini dipercantik dengan adanya strip hitam di bagian ujungnya.

Baca juga : Pakan ikan predator cacing tanah dan budidayanya

Perawatan Channa Barca

Berikut adalah cara merawat ikan Channa Barca :

1. Makanan

Channa Barca adalah ikan predator, jadi kita harus memberinya makan dengan ikan hidup seperti ikan Cere, ikan Molly, ikan Lele, dan lain lain.

2. Tangki Aquarium

Ikan Channa Barca adalah ikan predator yang agesif. Ketika ikan Channa Barca sudah dewasa dan berukuran besar, Ikan ini harus dibiarkan sendiri dalam satu Tank.

3. Tanaman Air

Tanaman air berfungsi untuk menyesuaikan dengan hab­­itat aslinya karena ikan ini asalnya hidup di vegetasi tanaman air yang melimpah.

4. Filter Air

Filter air berfungsi untuk menjaga kebersihan air dalam Aquarium.

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat ikan Channa Barca kalau sampai mati anda akan menyesal. Aquascape tipe natural dan biotope adalah yang paling cocok untuk ikan ini. Untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan.


Post a Comment

0 Comments