Ikan channa kecil Channa Andrao

Channa Andrao, Ikan Hias Berukuran Mungil

Channa Andrao

Channa andrao merupakan salah satu dari jenis ikan gabus. Nama ikan Channa Andrao diresmikan pada tahun 2013 oleh dokter Ralf Britz. Andrao sendiri diambil dari nama Andrew Rao, seorang ahli ikan yang berasal dari India.

Habitat Channa Andrao

Channa Andrao berasal dari perairan India yang hidup disekitar sungai Brahmaputra.

Habitat asli Channa Andrao adalah wilayah dengan iklim tropis sehingga ikan ini mudah beradaptasi dan berkembangbiak dalam akuarium.

Ciri-Ciri Channa Andrao

Ikan ini memiliki bentuk kepala yang mirip seperti kepala ular sehingga seringkali disebut juga dengan sebutan snakehead.

Channa Andrao dewasa hanya dapat tumbuh dengan panjang antara 15 sampai 17 cm saja. Channa Andrao termasuk dalam jenis dwarft snakehead / gabus kerdil karena ukurannya. Jenis kelamin Channa Andrao dapat dibedakan dengan cara melihat pola warna dan postur tubuhnya.

Channa Andrao jantan memiliki tubuh yang lebih langsing jika dibandingkan dengan Andrao betina. Badan Channa Andrao betina lebih berisi karena menyimpan telur dan lemak yang ada di dalam tubuhnya.

Andrao betina memiliki warna tubuh lebih terang dengan pola-pola merah yang lebih jelas. Sirip Andrao betina tidak terlalu biru dan ukurannya tidak terlalu lebar. Sedangkan Andrao jantan memiliki tubuh yang gelap cenderung kehitaman dengan sirip yang berwarna biru tua. 

Andrao jantan juga mimiliki sirip yang lebih besar dibandingkan Andrao betina.

Baca juga : ikan gabus yang dapat dikonsumsi

Perawatan Channa Andrao

Cara perawatan ikan Channa Andrao ini cukup mudah, tidak serumit merawat ikan Arwana.Kita hanya perlu membuat Aquarium semirip mungkin dengan habitat aslinya seperti menambahkan tanaman air, kayu dan bebatuan. Hal tersebut bertujuan untuk membuat nyaman ikan Channa Andrao.

Tambahkan juga tutup pada bagian atas akuarium agar ikan ini tidak bisa lompat keluar lalu mati karena kelalaian kita dalam merawat ikan. PH air yang ideal untuk Channa Andrao adalah sekitar 6 sampai 8.

Karena Channa Andrao adalah ikan predator, kita harus memberinya makan berupa pakan hidup seperti cacing sutra, ikan cere, ulat hongkong, dan lain lain.Ikan Channa Andrao harus berada sendirian dalam 1 tangki akuarium karena dapat memangsa jenis ikan lainnya.

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan


Post a Comment

0 Comments