Channa Diplogramma dan Ikan Toman, Ikan Gabus Hias Yang Gahar

Channa Diplogramma merupakan nama ilmiah dari ikan gabus Malabar. Terdengar aneh, nama ikan ini kalah popular dibandingkan nama ilmiahnya. Ikan ini juga memiliki sebutan lain yaitu Malabar Snakehead. 

Channa Diplogramma  dan ikan Toman

Dulu Channa Diplogramma dianggap sama dengan ikan Toman, Namun pada tahun 2011 sudah diverifikasi bahwa Channa Diplogramma dengan Toman adalah 2 Jenis ikan yang berbeda. sedangkan untuk ikan toman memiliki nama ilmiah Channa micropeltes, ikan toman ini hidup di indonesia, ada disumatera utara, sungai musi, bukit toman. 

Habitat Channa Diplogramma dan Ikan Toman (Channa micropeltes)

Channa Diplogramma berasal dari pegunungan Ghats Barat di India selatan dengan catatan yang ada dari sungai Manimala, Meenachil, Pampa, Achankovil, dan Kallada di Negara bagian Kerala, serta drainase Chittar dan Tambraparni di negara bagian Tamil Nadu, India.

Chana Diplogramma menyukai perairan yang tenang dan terdapat banyak tanaman air.

Ciri-ciri Channa Diplogramma dan Ikan Toman (Channa micropeltes)

Ikan ini memiliki ciri ciri yang agak mirip dengan ikan Toman.

Channa Diplogramma dapat tumbuh dengan panjang maksimal mencapai 48 cm, sedangkan Toman bisa mencapai 1,5 meter.

Bentuk kepala Channa Diplogramma membulat, sedangkan ikan Toman kepalanya meruncing.

Setengah tubuh bagian atas Channa Diplogramma berwarna abu-abu atau agak kecoklatan disertai dengan bercak-bercak hitam. Sedangkan pada setengah tubuh bagian bawahnya berwarna putih.

Channa Diplogramma juga memiliki gigi yang sangat tajam untuk memakan mengsanya.

Baca Juga : Ikan Gabus yang banyak di konsumsi 

Perawatan Channa Diplogramma dan Ikan Toman (Channa micropeltes)

Jika kamu memelihara Channa Diplogramma sebaiknya menambahkan tanaman air yang rimbun dan kayu kayu sebagai tempat untuk bersembunyi ikan ini.

Ikan ini cenderung pasif. Dia lebih suka diam disuatu tempat dalam akuarium daripada bergerak mondar mandir kesana kemari.

Walaupun begitu, jangan satukan ikan ini dengan ikan lainnya dalam 1 akuarium. Ikan ini dapat menyebabkan ikan lainnya mati atau terluka.

Di habitatnya Channa Diplogramma memakan ikan, katak, dan serangga dengan ukuran kecil. Namun ketika kita pelihara ikan ini bisa memakan makanan yang sudah mati seperti potongan daging ikan, kerang, udang, dan lain lain.

Sangat dilarang memberi makan ikan Channa Diplogramma dengan daging mamalia atau unggas seperti jantung ayam maupun sapi. Itu semua karena lipid yang terkandung tidak dapat dimetabolisme oleh ikan Channa Diplogramma. Hal ini dapat menyebabkan timbunan lemak yang berlebih dan bahkan degenerasi organ.

Tidak dianjurkan juga memberi makan Channa Diplogramma dengan ikan Mas karena beresiko membawa Parasit. Ikan Mas juga memiliki kandungan gizi yang sedikit.

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa Diplogramma dan ikan toman. Ikan channa yang dapat berukuran jumbo sebaiknya gunakan tank dengan ukuran besar dengan hiasan Aquascape tipe natural dan biotope adalah yang paling cocok untuk ikan ini. Untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan.




Post a Comment

0 Comments