Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari ikan gabus. Selain sebagai konsumsi, Ikan gabus juga bisa dijadikan sebagai ikan hiasan.

Channa Asiatica

Salah satu jenis ikan gabus yang dapat dijadikan sebagai ikan hiasan adalah Channa Asiatica. Channa Asiatica termasuk kedalam spesies Snakehead. Ikan ini juga mempunyai nama lain Green Snakehead dan Chinese Snakehead. Hal ini dikarenakan memang ikan ini berasal dari China dan juga Vietnam Utara.

Habitat Channa Asiatica

Ikan ini mudah ditemukan di negara China, di lembah sungai Chang Jiang. Ikan ini juga bisa dijumpai di sungai Zun yang ada di Guangxi dan Guangdong. Ikan ini sudah di ekspor ke beberapa Negara sehingga kita bisa menemukannya di negara lain seperti Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat. Kita juga dapat menemukan ikan ini sebagai  ikan hias di negara Indonesia.

Di alamnya, ikan ini suka hidup di sungai dengan arus yang pelan, biasanya dia bersembunyi diantara ranting pohon dan dedaunan kering guna menghindari aliran sungai yang deras.Ikan ini mampu hidup dengan suhu air 22 – 28 derajat Celcius dengan kadar pH 6 sampai 7,5.

Ciri-ciri Channa Asiatica

Ikan Channa Asiatica memiliki tubuh yang panjang. 

Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang maksimum hingga 40 cm. Ikan ini juga memiliki pertumbuhan yang signifikan untuk 2 tahun pertamanya. Ikan Channa Asiatica memiliki warna dasar hitam, kuning, dan merah. Sedangkan bintik ditubuhnya berwarna merah dan putih. Nah bintik ini yang menjadi pembeda antara Channa Asiatica red spot dan Channa Asiatica white spot.

Channa Asiatica red spot memiliki bintik dan strip yang berwarna merah sedangkan Channa Asiatica white spot memiliki bintik berwarna putih seperti warna mutiara.

Baca Juga : Ikan gabus paling mahal di dunia 

Perawatan Channa Asiatica

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memelihara ikan Channa Asiatica

1.Dekorasi

Karena habitat asli ikan ini disungai dengan arus pelan, kita harus menggunakan banyak tanaman air pada akuarium

2.Background

Pilih background semirip mungkin dengan habitat aslinya, hal ini bertujuan membuat tampilan terlihat natural

3.Akuarium

Ketika masih muda, ikan Channa Asiatica ini lebih jinak dibandingkan dengan ikan gabus jenis lainnya. Namun ketika dewasa ikan ini dapat membunuh satu sama lain. Sebaiknya tempatkan ikan ini sendirian dalam satu akuarium.

Pastikan memberi tutup pada akuarium agar ikan tidak bisa melompat keluar dari akuarium

4.Makanan

Channa Asiatica termasuk dalam kategori ikan predator yang agresif. Jadi pakan yang harus kita berikan berupa ikan hidup dengan ukuran yang kecil

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.