Tanaman carpet ini sangat populer dikalangan beginner atau pemula hingga aquascaper profesional. Namun menanam tamanam karpet ini tidak semudah yang kita pikirkan. Banyak orang yang kecewa karena salah metode sehingga tanaman karpet tidak tumbuh maksimal.

Berikut adalah daftar tanaman carpet aquascape dimulai dari yang tersulit sampai yang termudah

1. Tanaman Cuba



Tanaman Cuba adalah salah satu tanaman karpet terkecil dari keluarga Hemianthus. Tanaman ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan tidak disarankan untuk pemula. Jika kalian ingin menanam cuba sebaiknya wajib memiliki Co2 tabung dan cahaya yang high. Usahakan gunakan air dengan kandungan KH yang medium atau tidak terlampau tinggi. Cuba membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya. Kalian bisa menggunakan pupuk dasar yang dangkal dengan kedalaman 5 cm dari substrat sehingga tanaman ini akan segera mencapai pupuk dasar yang bernutrisi.

Baca JugaTanaman Karpet Cuba Terkecil

2. Tanaman Glossostigma



Tanaman ini tidak akan mengarpet pada cahaya yang rendah, namun tumbuh keatas. Apabila nutrisinya habis maka tanaman ini akan tumbuh ke atas juga. Jika ada parameter yang kurang maka tanaman ini akan tumbuh meninggi. Jika kalian ingin menanam tanaman ini gunakanlah lampu medium dan wajib memiliki tabung Co2, serta pupuk yang baik maka tanaman ini akan tumbuh mengarpet.

Baca JugaJenis Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2

3. Hairgrass


Hairgrass masuk dalam spesies rumput umum memiliki habitat asli dari Asia dan sebagian besar Amerika Utara, dan secara luas dikenal di tempat lain sebagai spesies yang bisa untuk akuarium. Itu terjadi di sebagian besar Amerika Serikat kecuali bagian Tenggara dan sebagian besar Kanada. Ini dapat ditemukan di Meksiko dan California, dan di seluruh Alaska hingga Asia Timur jauh ke selatan seperti Korea. 
Tanaman ini punya habitat besar, mulai dari lembah pantai yang hangat hingga iklim pegunungan tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh terutama tegak hingga ketinggian sekitar 75 cm. Daunnya kasar dengan bulu-bulu kecil dan panjangnya sekitar 14 sentimeter. Perbungaan adalah lajur terbuka lebar yang menyebar, cabang-cabang yang bertangkai panjang masing-masing beberapa milimeter.

4. Tanaman Monte Carlo



Tanaman ini hanya membutuhkan cahaya yang medium dan tentunya harus menggunakan pupuk dasar. Untuk airnya bisa menggunakan air dengan kesadahan medium hard atau air yang banyak mengandung kapur. Jadi kalian yang menggunakan air tanah tidak usah khawatir karena Monte Carlo masih bisa tumbuh mengarpet dengan air ini.

Baca JugaMonte Carlo Tanaman Karpet Aquascape

5. Lilaeopsis


The lilaeopsis brasiliensis adalah tanaman yang sering ditempatkan di akuarium air tawar dan itu adalah pilihan yang cukup baik untuk pemula dan penggemar akuarium kelas menengah. Tanaman ini memiliki struktur rimpang, dan merupakan bagian dari keluarga tanaman Apiaceae, serta bagian dari genus Lilaeopsis.
Lilaeopsis Brasiliensis adalah tanaman asli Amerika Selatan, khususnya dari Brasil seperti namanya. Tanaman ini umumnya ditemukan di sungai dangkal dan cekungan sungai dengan laju aliran air rendah. 
Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh posisi dibenamkan di dalam air. Sangat mudah untuk menyebarkan tanaman ini karena semua yang perlu dilakukan adalah mengambil cabang tanaman ini dan kemudian menanamnya di substrat yang sama.
Jenis tanaman akuarium ini tumbuh sangat padat dalam beberapa bulan dan dengan demikian mudah untuk membuat koloni dari tanaman ini dengan menanam beberapa dari mereka dalam pola kotak-kotak. Salah satu masalah dengan tanaman khusus ini adalah sangat invasif dan cenderung tumbuh menjadi tanaman lain. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki tanaman lain yang tumbuh di akuarium ikan Anda perlu memangkas tanaman cukup sering untuk mencegahnya melampaui tanaman lain.

6. UGE Utricularia Graminifolia 


Utricularia graminifolia merupakan tanaman perennial kecil yang berasal dari genus Utricularia dan merupakan tanaman karnivora! Tanaman ini bergerak dengan cepat, hidup dalam air, dan 'menghisap' serangga dalam aquarium untuk diambil nutrisinya, sama seperti kantung semar dan venus flytrap yang menjebak serangga.

7. Echinodorus Tenellus



Echinodorus Tenellus memiliki daun yang memanjang dengan warna hijau cerah yang sangat cocok untuk aquascape. Jenis tanaman ini membutuhkan nutrisi dan substrat yang sehat untuk menciptakan tampilan seperti rumput. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok sword plant. Echinodorus Tenellus menyukai substrat yang bagus dan bernutrisi, serta membutuhkan cahaya yang Medium – High.

Tanaman ini gampang tumbuh dan cocok buat kalian yang gak mau ribet untuk membuat CO2.

8. Hydrocotile

triparcirta

aciatica





Hydrocotile tripartita memiliki bentuk daun seperti bintang termasuk jenis tanaman karpet aquascape yang tidak membutuhkan CO2 dan lowlight.


Jika ingin hasil yang maksimal kalian bisa menggunakan medium atau high light dan tambahan CO2

9. Tanaman Baby Tears



Menanam tanaman ini sangat mudah karena Baby Tears dapat tumbuh pada kondisi minim Co2 dan minim cahaya. Untuk parameter airnya bebas karena dihabitat aslinya tanaman ini hidup di daerah air payau, jadi tanaman ini toleran terhadap garam. Tanaman ini tumbuh mengarpet dan juga meninggi, jadi kalian harus rajin melakukan training terhadap tanaman ini jika ingin mendapatkan efek karpet pada baby tears.

Baca Juga : Tanaman Karpet Baby Tears untuk Background Aquascape


10. Tanaman Sagittaria Subulata



Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman rumput. Tanaman ini tumbuh melalui sulur atau runner. Sulur akan tumbuh lalu tumbuh lagi dan lagi, dan seterusnya. Sagittaria Subulata membutuhkan cahaya medium-high dengan Co2 yang rendah.

Baca JugaTanaman Karpet Sagittaria Subulata