Tipe Akuarium Air Tawar dan Air Laut

Akuarium adalah sebuah wadah tembus pandang yang biasanya berbahan dasar kaca untuk memelihara hewan dan tanaman air. Hewan akuarium paling sering digunakan untuk ikan hias tetapi ada juga yang dimanfaatkan untuk serangga, reptil, amphibi dan sebagainya. 

Akuarium paling populer difungsikan untuk penghobi ikan hias untuk memelihara ikan laut dan ikan tawar. 

Ada berbagai bentuk dan tipe akuarium antara lain :

1. Akuarium Kaca



Akuarium kaca biasanya berbentuk kotak , persegi pajang, kubus, dengan posisi atas akuarium berlubang yang setiap sisinya dibentuk menggunakan kaca trasparan. 

Akuarium kaca dapat dimodifikasi menjadi berbagai macam bentuk, kemudahan modifikasi akuarium kaca yang hanya perlu di lem dan tentu kekuatannya dalam menahan air. 

Ketentuan yang tepat untuk besarnya ukuran akuarium berbanding dengan ketebalan kaca yang akan dipilih. Berapa ketebalan kaca yang tepat untuk ukuran akuarium tersebut? misal sebuah akuarium dengan panjang 60 cm atau kurang sebaiknya menggunakan tebal kaca 5 mili. 

sedangkan untuk akuarium dibawah 100cm menggunakan tebal kaca 8mili dan akuarium 100-130cm menggunakan kaca 10 mili. Bagaimana untuk ukuran akuarium 130cm sebaiknya anda konsultasikan dengan seorang ahli akuarium karena volume air juga penting di perhatikan dalam pemilihan kaca. 

Modifikasi filter yang bisa di pakai dalam akuarium kaca seperti

1. Filter samping , sebuah sistem filtrasi yang ada disebelah samping akuarium baik kiri ataupun disebelah kanan. 

2. Filter belakang, sebuah sekat kaca bagian belakang akan menjadi pembatas untuk filter bagian belakang prinsipnya mirip dengan filter samping. Hanya saja lubang in (air masuk) dan out (air keluar) yang mungkin berbeda.

3. Filter bawah sump filter, akuarium asli akan di beri lubang guna untuk memasang sebuah pipa yang akan menyambung ke filter yang terletak di bawah akuarium. filter ini sangat bagus tapi perlu di perhatikan karena model ini permanen pilihlah meja yang bagus untuk tempat akuarium.  \

Dari ketiga model filter diatas adalah hasil perubahan bentuk akuarium bahan kaca yang bisa di beri sekat ataupun dengan pemberian lubang kaca untuk pipa filter. 

2. Akuarium Akrilik 



Akuarium akrilik adalah akuarium yang dibuat dari bahan plastik polimer lembaran transparan. Akuarium akrilik berbentuk kotak, kubus, persegi panjang, dengan sisi atas berlubang, yang disetiap sisinya menggunakan bahan akrilik. 

Akuarium akrilik model pabrikan biasa nya tidak bisa di modifikasi secara paksa, sehingga beberapa filter yang bisa di pakai antara lainnya adalah 

1. Filter Undergravel dengan mesin aerator dan mesin filter pompa.

2. Filter box atau filter atas dengan mesin filter pompa

3. Filter busa biofoam mesin aerator

4. Filter busa biofoam mesin pompa

5. Filter eksternal model filter canister

6. Filter kaldness 

7. Filter gantung atau filter hang on

3. Akuarium Bending 



Akuarium dengan sisi depan melengkung (tidak bersiku) merupakan bentuk akuarium dengan bahan akrilik.

Akuarium akrilik model pabrikan bentuk melengkung atau akuarium bending biasa nya tidak bisa di modifikasi secara paksa, sehingga beberapa filter yang bisa di pakai antara lainnya adalah 

1. Filter Undergravel dengan mesin aerator dan mesin filter pompa.

2. Filter box atau filter atas dengan mesin filter pompa

3. Filter busa biofoam mesin aerator

4. Filter busa biofoam mesin pompa

5. Filter eksternal model filter canister

6. Filter kaldness 

7. Filter gantung atau filter hang on

4. Akuarium Shallow



Akuarium kaca model ini biasanya ditujukan untuk mengisi akuarium dengan berbagai hiasan. 

Akuarium kaca ini bisa di modifikasi  tapi ada filter yang cukup direkomendasikan seperti :

1. filter undergravel

2. filter canister

3. filter hang on

5. Akuarium Bulat

akuarium bulang dengan bagian melengkung. ukuran akuarium ini semakin kecil akan cukup susah di pakaikan sebuah filter hanya dengan memakai filter aerator yang bisa di rekomendasikan.

6. Akuarium Paludarium 



Akuarium model paludarium didesain bagian belakang akuarium kaca lebih tinggi. dan bagian depan pendek berkisar 15-25cm. tergantung panjang akuarium yang dipakai. model ini dimaksudkan agar air yang di isi sedikit. Paludarium adalah sebuah model aquascape dengan tanaman darat dan sebagian tanaman air, 

Filter yang di rekomendasikan sebaiknya memakai filter pompa yang digabungkan dengan hiasan agar air terjun mengalir. agar memiliki 2 fungsi. 

Berbagai tipe akuarium dan bentuk maupun model mempunya fungsinya masing-masing, dengan perpaduan isi subtrat, tanaman air dan ikan hias maupun hewan lainnya akan mempercantik tampilan akuarium anda, untuk mendapatkan itu semua bisa anda dapatkan di alam ikan.