Jenis Tanaman Karpet Aquascape Tanpa CO2

Tanaman karpet aquascape adalah tanaman yang digunakan sebagai foreground (tanaman yang posisinya di bagian depan aquascape). Biasanya tanaman karpet aquascape memiliki ukuran daun yang kecil dan cenderung pendek. Tanaman karpet ini banyak sekali peminatnya, khususnya para pemula aquascape.

Baca Juga : Cara Pemasangan Pasir Bali

Berikut adalah jenis tanaman karpet aquascape tanpa CO2

1. Carpet Seed / Mini Dwarf



Carpet seed / mini dwarf adalah tanaman karpet yang paling sering digunakan oleh pemula yang baru belajar membuat tanaman karpet di aquascape. Carpet seed termasuk tanaman karpet yang mudah tumbuh, tanpa CO2, dan lowlight. Menanamnya juga cukup mudah, tinggal sebar bibit ke media tanam yang lembab pada aquascape. Biasanya tanaman ini akan menjadi karpet dalam waktu 1 bulan.

2. Sagittaria Subulata



Tanaman ini memiliki nama asli Sagittaria Subulata. Jenis ini juga cocok untuk aquascaper pemula karena tamanan ini cepat tumbuh, tahan lama, dan hanya membutuhkan sedikit CO2. Tanaman ini jika sudah menjadi karpet akan terlihat seperti semak belukar.

3. Echinodorus Tenellus



Echinodorus Tenellus memiliki daun yang memanjang dengan warna hijau cerah yang sangat cocok untuk aquascape. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok sword plant. Echinodorus Tenellus menyukai substrat yang bagus dan bernutrisi, serta membutuhkan cahaya yang Medium – High.

Tanaman ini gampang tumbuh dan cocok buat kalian yang gak mau ribet untuk membuat CO2.

4. Java Moss dan moss lainnya






Java moss yang memiliki nama ilmiah Taxiphyllum Barbieri adalah tanaman yang sering digunakan untuk membuat bonsai pada aquascape, bisa juga ditempel pada batang dan batu. Java moss hanya membutuhkan sedikit CO2 dan lowlight. 

Jika kalian ingin hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan pencahayaan medium dan CO2 serta menambahkan pupuk cair.

Ada banyak jenis moss yang mudah digunakan seperti moss peacock, moss spaiky, moss pelia, karpet moss weeping, moss weeping,, java moss. 

5. Cryptocorine



Cryptocortine memiliki lancip dengan tinggi samapai 10 cm pada ukuran besar. Tanaman ini memiliki warna hijau cerah dengan bentuk daun yang menarik. tanaman ini lebih cocok digunakan pada tank ukuran jumbo

Vesicularia montagnei membutuhkan CO2 yang rendah dan lowlight.

6. Glossostigma



Glossostigma memiliki bentuk daun yang bulat. Glossostigma adalah tanaman karpet aquascape yang tidak membutuhkan CO2 dan lowlight.

Jika ingin hasil yang maksimal kalian bisa menggunakan medium atau high light dan tambahan CO2.

7. Hydrocotile tripartita 



Hydrocotile tripartita memiliki bentuk daun seperti bintang termasuk jenis tanaman karpet aquascape yang tidak membutuhkan CO2 dan lowlight.

Jika ingin hasil yang maksimal kalian bisa menggunakan medium atau high light dan tambahan CO2

8. Baby tears 



Baby tears memiliki bentuk daun bulat termasuk jenis tanaman karpet aquascape yang tidak membutuhkan CO2 dan lowlight. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dengan ukuran daun yang kecil

Jika ingin hasil yang maksimal kalian bisa menggunakan medium atau high light dan tambahan CO2


Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat menanam tanaman karpet aquascape 

• Beberapa jenis tanaman karpet membutuhkan cahaya yang Medium – High

• Beberapa jenis tanaman karpet membutuhkan injeksi CO2 seperti tanaman monte,cuba, hairgrass

• Memiliki substrate dan pupuk dasar yang bagus

• Jika sudah terbentuk karpet, wajib melakukan siphon secara rutin agar dapat mencegah munculnya jenis algae aquascape


Post a Comment

0 Comments