Aquascape bukan sekedar hobi bagi kalangan pecinta ikan hias. Hobi ini memiliki nilai seni yang tinggi sehingga tidak hanya digemari oleh para pecinta ikan hias namun juga oleh orang orang yang memiliki jiwa seni. Banyak orang yang mengeluarkan dana dengan nominal yang tinggi hanya untuk memiliki dan melihat simulasi alam dan kehidupan dalam air aquascape. Aquascape adalah menciptakan keindahan alam di dalam air akuarium.


Cara Membuat Aquascape Sederhana

Berikut adalah langkah langkah untuk membuat aquascape sederhana untuk pemula

1. Mempersiapkan desain aquascape

Hal yang harus kalian lakukan pertama kali adalah menentukan desain dari aquascape tersebut. Untuk lebih detailnya kalian bisa membaca artikel ini 

Baca Juga : 7 Model Aquascape Simple Cocok Buat Pemula

2. Menyediakan komponen atau media untuk membuat aquascape

Langkah kedua yaitu menyiapkan komponen yang diperlukan. Ada 4 komponen utama yang harus ada untuk membuat aquascape

    1.  Tanaman Air

    2.  Pencahayaan

    3.  Hardscape berupa pasir, batu dan kayu

    4.  Filterisasi

Pencahayaan sendiri dibagi menjadi 3 yaitu lowlight (cahaya rendah), midlight (cahaya sedang), dan highligh (cahaya tinggi). 

Pembuatan aquascape sederhana bisa menggunakan pasir low grade yang banyak dijual ditoko ikan, pasir paling umum yang digunakan adalah pasir malang. Kunci dari aquascape sederhana adalah tanaman yang mudah perawatan. 

Ciri aquascape sederhana adalah perawatan yang minim atau paling dasar, hal ini akan menyebabkan nutrisi dalam aquascape terbilang sangat sedikit.

Maka perlu tanaman dengan perawatan paling mudah dan kebutuhan nutrisi sedikit. 

Contoh tanaman perawatan mudah dan non co2 antara lain :

  • Cyptocorine
  •  Anubias
  • Bacopa monieri
  • Egeria densa
  • Corimbosa
  • Wisteria
  • Vallisneria
  • Ceratophillum

Baca  Juga: 9 Jenis Kayu Yang Paling Sering Digunakan

3. Memberi PowerGrow ke dalam aquascape

PowerGrow berfungsi sebagai rumah bakteri yang bagus dan kaya nutrisi untuk tanaman dan ekosistem disekitarnya. Namun hal ini tidak diwajibkan ada. Media ini termasuk dalam kategori tidak wajib dalam aquascape sederhana. Kembali pada tema aquascape sederhana menggunakan tanaman termudah dalam perawatan. 

4. Mendekorasi bagian dasar akuarium

Taburkan pasir sebagai substrat atau alas aquascape. Pasir yang digunakan adalah jenis pasir malang, pasir silica, atau jenis lainnya. Pasir meruapakan media wajib yang perlu ditambahankan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. 

Baca Juga : Cara Pemasangan Pasir Malang Pada Aquascape

5. Menaburkan pupuk tanaman

Pupuk berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanaman air. Media ini termasuk dalam kategori tidak wajib dalam aquascape sederhana. Kembali pada tema aquascape sederhana menggunakan tanaman termudah dalam perawatan. 

6. Taburkan pasir lagi untuk menutupi pupuk tanaman

Tutup pupuk tanaman dengan menggunakan pasir lagi supaya tidak terlihat.Biasanya pasir bagian belakang lebih tinggi daripada bagian depan.

7. Mendesain hardscape (Kayu,Batu, atau Karang)

Mengatur kayu dan bebatuan agar terlihat natural. Silahkan lihat kembali desain pada nomer 1 lalu buat kayu dan batu sesuai dengan desain yang anda inginkan.

8. Menanam tanaman aquascape

Tentunya kalian harus mempunyai tanaman untuk aquascape. Biasanya aquascaper pemula menggunakan tanaman yang mudah dirawat dan tidak mudah mati walaupun tanpa CO2.

9. Mengisi air ke dalam aquascape

Lalukan pengisian air dalam aquascape secara perlahan. Hal ini bertujuan agar tidak merusak tatanan didalamnya yang telah kalian buat.

10. Memasang Filter, Lampu Aquascape

Filter berfungsi menyaring kotoran dalam akuarium, CO2 dan Lampu berfungsi sebagai fotosintesis dari tanaman.

11. Memasukkan fauna ke dalam aquascape

Berbeda dengan akuarium, fauna hanya sebagai pelengkap saja. Hewan yang digunakan beragam macamnya sesuai dengan fungsinya masing masing. Biasanya aquascaper memilih ikan hias dengan ukuran kecil seperti neon tetra, discus, dan lain lain.

Baca Juga : Contoh Aquascape sederhana mudah perawatan

12. Merawat Aquascape

Cara merawatnya yaitu dengan mengganti air 30% setiap seminggu sekali. Jika ingin menambahkan aksesoris silahkan ganti air baru sebanyak 50% agar zat berbahaya dapat terbuang.

Jika ingin mempermudah dan mempercepat pembuatan aquascape hubungi langsung AlamIkan. Kami menyediakan jasa pembuatan aquascape.