Aquascape adalah salah satu benda yang dapat kalian gunakan sebagai hiasan, baik di rumah, kantor, atau tempat lainnya. Dalam aquascape terdapat beberapa aksesoris seperti tanaman, bebatuan, pasir, dan tentunya ikan hias didalamnya.




Pasir yang biasa digunakan dalam aquascape adalah pasir malang merah dan hitam. Hal ini dikarenakan pasir malang mudah dibeli karena sudah banyak yang menjualnya dalam toko ikan.

Selain itu, pasir malang juga memiliki harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan pasir lainnya.

Sesuai namanya, pasir malang berasal dari daerah Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Pasir malang terbuat dari sisa lahar gunung merapi. Oleh karena itu, kadang pasir malang ini disebut juga dengan sebutan pasir vulkanik.

Cara pemasangan pasir malang pada aquascape

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Berikut alat dan bahan yang perlu kita siapkan sebelum melakukan pemasangan pasir 

- Pasir Malang

- Ember

- Sekop

- Akuarium

2. Masukkan Pasir Malang ke dalam Ember

Masukkan pasir malang ke dalam ember yang sudah kita siapkan. Pastikan volume pasir sesuai dengan luas akuarium yang kita punya.

3. Isi Ember Dengan Air

Masukkan air bersih ke dalam ember yang sudah kita isi pasir. Hal ini bertujuan untuk membersihkan pasir sebelum kita pakai dalam aquascape

Baca juga : Mengenal Ikan RTC (Red Tail Catfish)

4. Mengaduk Pasir

Aduk pasir dalam ember emnggunakan tangan atau kayu. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel dalam pasir dapat terpisah dan kita mudah membersihkannya.

5. Bilas Pasir

Bilas pasir sampai air rendaman berwarna bening sehingga ketika kita pakai dalam akuarium tidak membuat air berwarna keruh

6. Masukkan Pasir ke dalam Akuarium

Setelah rendaman air berwarna bening, Pasir siap digunakan.

Masukkan pasir malang ke dalam akuarium menggunakan sekop.

7. Ratakan Pasir

Ratakan pasir sesuai dengan permukaan akuarium agar terlihat rapi

8. Isi Akuarium Dengan Air

Masukkan air secara bertahap agar tidak membuat pasir berantakan. Kalian bisa memasukkan gelas ke dalam akuarium lalu mengisi gelas tersebut dengan air menggunakan selang agar tekanan air tidak terlalu besar

-

Pengunaaan pasir dalam aquascape jika anda menggunakan bahan lengkap seperti media rumah bakteri, pupuk dasar, dan bakteri starter. sebaiknya pasir diletakan pada bagian paling atas untuk menutup berbagai media tersebut. 

Penggunaan pasir bertujuan untuk menghias akuarium anda dan sebagai media untuk menanam tanaman air yang akan digunakan. untuk pembuatan aquascape bisa hubungia Alamikan