9 Jenis Kayu Aquascape Yang Paling Sering Digunakan

Berbicara tentang aquascape pastinya akan meliputi komponen hardscape yang ada didalamnya. Komponen hardscape pada aquascape yaitu batu, kayu, koral, dan karang. Tiap komponen memiliki perannya tersendiri. Misalnya batu berperan sebagai media untuk tumbuh beberapa jenis tanama dan sebagai filter air. Sedangkan karang sebagai tempat tinggal ikan ikan kecil.



Selain komponen itu, Kayu berfungsi sebagai media tumbuh beberapa jenis tanaman air dan sebagai pembentuk desain agar aquascape terlihat indah. Tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk aquascape. 

Berikut 9 jenis kayu aquascape yang paling sering digunakan

1. Kayu Rasamala



Kayu rasmala memiliki warna kemerah merahan dan memiliki bayak cabang dan lekukan. Kayu rasmala cenderung berbentuk ramping. Kayu rasmala mudah ditemukan di daerah pegunungan dan perbukitan yang lembab.

2. Kayu Bakau





Kayu bakau ini memiliki tekstur yang halus dengan jumlah cabang yang sedikit dan ujung cabangnya biasanya berbentuk runcing. Kayu bakau memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi sehingga dapat merubah warna air menjadi kuning.

Baca JugaMengenal Ikan Kakatua (Scaurus Croicensis) , Pahlawan Laut Kita

3. Kayu Santigi

santigi pasir




Kayu santigi termasuk jenis kayu bonsai. Pohon santigi tumbuh dan tersebar luas di beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Kayu santigi memiliki keunikan tersendiri yaitu pada bagian lekukannya yang indah. Untuk menambah kesan alami, kalian bisa memadukan kayu santigi dengan tanaman jenis moss dan fissiden. Ada dua jenis yang beredar kayu santigi besar biasanya bentuknya memanjang dan yang kedua kayu santigi pasir bentuknya ranting kecil kecil. 

4. Kayu Senggani

Kayu senggani seringkali disebut sebagai akar senggani. Kayu ini biasa digunakan untuk membuat bonsai dan efek akar pada aquascape. Kayu ini bisa ditemukan di lereng gunung, tebing, semak belukar, dan sungai.

5. Kayu Mopani

Kayu mopani atau mopani wood adalah jenis kayu yang berasal dari benua amerika. Kayu ini tidak bercabang, memiliki tekstur yang padat dan kokoh.

Baca Juga : Tema aquascape dengan kayu

6. Kayu Kopi



Kayu kopi untuk aquascape merupakan akar dari pohon kopi. Kayu kopi memiliki akar yang banyak an bervariasi, tidak heran jika kayu kopi menjadi salah satu pilihan favorit bagi penggemar aquascape.

7. Kayu Jambu

Kayu jambu memiliki harga yang murah dan mudah didapatkan. Kayu jambu dapat dijadikan sebagai media untuk menanam flora moss dalam aquascape. Kayu jambu yang disarankan adalah kayu jambu biji.

8. Kayu rentek

Kayu rentek sekarang sangat populer dengan kayu yang biasanya berbentuk lancip dikarekan kayu sudah pecah menjadi bagian yang berbentuk dan berserat lancip. kayu ini sering digunakan untuk aquascape kontes karena desainnya akan menjadi lebih keren. 

Baca juga : Harga kayu rasamala, bonsai

9 Akar Kayu jati


 Kayu jati yang terkenal akan kekuatannya , bentuk akar yang bagus juga bisa digunakan untuk pembuatan hiasan aquascape. 


Berbagai jenis kayu bisa digunakan untuk pembuatan aquascape terutama kayu dengan pola , urat dan bentuk yang unit. kayu pada bagian akar biasanya mempunya bentuk yang bagus. untuk mendapatkan kayu hiasan aquascap bisa hubungi Alamikan

Post a Comment

0 Comments