Aquascape adalah seni menghias akuarium. Aquascape bukan sekedar menambahkan kayu,bebatuan, dan tanaman dalam akuarium. Aquascape membutuhkan kreatifitas yang lebih dan seni untuk mengatur penataan agar indah dan menarik secara visual dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Pemula yang ingin membuat aquascape biasanya akan menentukan tema yang diinginkan terlebih dahulu. Selanjutnya menentukan aksesoris tanaman dan batuannya. Saat ini cukup banyak referensi model aquascape, mulai dari model jungle, model sungai, dan lain lain.

Desain dan model yang diinginkan harus ditentukan terlebih dahulu sebelum membeli aksesorisnya. Hal ini bertujuan agar aksesoris tersebut benar benar digunakan semuanya dengan maksimal.

Berikut 7 model aquascape yang simple cocok buat pemula



1. Aquascape Air Terjun (Waterfall)



Keindahan dari model aquascape waterfall sudah tidak diragukan lagi. Aquascape model ini dapat menambah keindahan ruang tamu rumah kalian. Media yang diperlukan untuk membuat aquascape ini adalah batu sebagai tebing, pasir silika, dan beberapa tanaman yang tumbuh dan menempel di batu.

Air terjun dalam aquascape ini bukanlah air yang mengalir, tetapi pasir silika putih yang didorong dengan pompa filter dan aerator.

2. Model Alami (Nature Style)



Aquascape nature style pertama kali dibuat oleh Takashi Amano yang berasal dari Jepang.

Model ini terinspirasi dari perkebunan wasabi yang ada di Jepang. Model ini sering kita jumpai di toko penjual ikan hias. Sesuai namanya, aquascape model ini membutuhkan aksesoris alami sperti bebatuan, tanaman, dan rerumputan yang tumbuh secara alami.

Baca juga : Ikan GloFish Yang Bisa Menyala

3. Model Jungle



Aquascape model jungle merupakan kombinasi dari model Dutch dan model Nature. Karakteristik dari aquascape model jungle adalah aquarium yang menggambarkan hutan atau alam liar yang tidak terkendali dalam lingkungan air. Media yang dibutuhkan untuk membuat model ini adalah kayu yang sesuai dengan bentuk pohon yang tinggi dan rimbun. Selain itu kita juga bisa menambahkan tanaman moss sebagai karpet pada aquascape ini

4. Model Gunung



Aquascape model gunung memiliki tampilan yang sangat simple jika dibandingkan dengan model lainnya.

Untuk membuatnya kalian memerlukan beberapa media hardscape seperti batu yang berukuran cukup besar , beberapa tanaman, dan kayu yang akan dibuat sebagai lembah pada aquascape model gunung ini.

5. Aquascape Model Sungai



Model ini cukup banyak peminatnya karen memiliki tampilan sungai yang indah. Pepohonan, bebatuan, dan sungai yang ada dalam aquascape ini harus ditata dengan baik agar dapat terlihat nyata dan natural.

6. Aquascape Iwagumi



Model aquascape iwagumi berfokus pada penempatan hardscape seperti bebatuan. Model ini terlihat sangat simple dibandingkan dengan model lainnya.

Untuk membuatnya diperlukan media seperti batu batuan serta tanaman karpet yang dapat menutupi seluruh permukaan akuarium.

7. Model Aquascape Taiwan



Model ini mungkin asing dan kalian jarang mendengarnya. Aquascape model Taiwan memiliki keunikannya tersendiri. Kalian bisa menambahkan aksesoris seperti replika jalanan, kendaraan bermorot, dan rumah rumahan. Model ini berfokus pada aksesoris yang menggambarkan kehidupan nyata dengan model oriental.