Pakan merupakan salah satu unsur penting dalam proses pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Untuk itu kita harus memberikan pakan ikan berkualitas agar ikan hidup sehat dan tumbuh besar.


Salah satunya pakan yang baik bagi ikan adalah Maggot BSF. Maggot BSF adalah larva dari jenis lalat berukuran besar yang berwarna hitam. Lalat ini terlihat mirip seperti tawon.

Maggot atau yang dikenal dengan sebutan Black Soldier Fly (BSF) menjadi sumber protein yang baik bagi ikan. Maggot ini memakan sayuran, limbah restoran, limbah rumah tangga, dan bisa mengurai sampah organik.

Kandungan Gizi :

  • Protein: 41-42%
  • Ekstrak Eter: 31-35%
  • Abu: 14-15%
  • Kalsium: 4,18-5,1%
  • Fosfor: 0,60-0,63%
Maggot memiliki harga yang lebih murah jika dibandingan dengan harga pelet. Menggunakan maggot sebagai pakan ikan hias predator akan menghemat pengeluaran biaya perawatan ikan.


Meskipun murah, maggot memiliki nutrisi yang lebih baik daripada pelet. Selain itu maggot juga bisa kita budidaya sendiri secara otodidak. Budidaya maggot tidak membutuhkan tempat yang besar. Jangka waktu telur menetas menjadi maggot yaitu antara 3 sampai 4 minggu.

Manfaat Pakan Maggot BSF Untuk Ikan Hias Predator

1. Sebagai sumber protein
Maggot memiliki kandungan protein dan gizi tinggi yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan meningkatkan kekebalan sistem imun ikan.

2. Membantu ikan lebih sehat
Maggot memiliki protein yang besar. Pemberian pakan berupa maggot secara rutin dalam waktu 1 minggu dapat meningkatkan pertumbuhan ikan yang signifikan. Ikan juga akan terlihat gemuk,  agresif, lincah, dan sehat.

3. Survival Rate Meningkat
Ikan yang hanya diberi makan pelet memiliki tingkat kehidupan 30% lebih rendah dibandingkan ikan yang diberi pakan maggot.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa maggot memperngaruhi sistem kekebalan tubuh pada ikan agar dapat hidup lebih lama.

4. Meningkatkan Warna Ikan
Pakan Maggot juga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas warna pada ikan.

5. Menjaga Karakter Ikan
Pakan ikan berupa maggot hidup dapat menjaga karakter ikan agar tetap agresif.

Ada bermacam - macam pakan untuk ikan hias dengan kadar protein dan vitamin yang berbeda untuk mencari pakan terbaik bagi ikan anda bisa di cari di alamikan , pilihan terbaik untuk pakan ikan hias anda.