Mengenal Channa Pulchra, Ikan Merak Dari Myanmar

Channa Pulchra adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini merupakan ikan hias yang populer dan digemari oleh pecinta Gabus mania atau pecinta ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki keindahan tersendiri dari warna dan bentuk tubuhnya. 

 Channa Pulchra

Channa Pulchra mempunyai nama lain Peacock Snakehead atau gabus merak. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang cantik seperti merak dan kepalanya yang mirip dengan ular. 

Habitat Channa Pulchra

Channa Pulchra berasal dari negara Myanmar, khususnya daerah Kyeintali Chaung, Negara bagian Rakhine Selatan.

Habitat alami Channa Pulchra adalah sungai yang tenang. Biasanya dia menyukai tempat yang banyak bebatuan dan tanaman air disekitarnya. Channa Pulchra hidup di air dengan suhu 18 – 28 derajat Celcius dengan kadar pH sekitar 6,5. Hal ini berdasarkan fakta bahwa pH air dibawah 6 tidak akan bisa ditemukan di negara Myanmar.

Channa Pulchra dapat mengambil oksigen langsung dari udara sehingga membuatnya dapat bertahan hidup di dalam air yang kadar oksigennya rendah.

Ciri-ciri Channa Pulchra

Channa Pulchra memiliki sifat teritorial.
Ikan ini dapat tumbuh dengan ukuran maksimal 30 cm.

Ikan Channa Pulchra memiliki warna corak yang unik dan menarik. Warna dari tubuhnya abu abu kebiruan dengan bitnik bitnik berwarna oranye. 

Pada sirip bagian bawah berwarna biru solid dengan strip hitam ditepinya. Sirip bagian samping ikan ini berwarna hitam dan putih yang berjejer seperti warna zebra cross.


Perawatan Channa Pulchra

Di habitat aslinya, tidak banyak makanan yang bisa dimakan oleh ikan Channa Pulchra. Sehingga ikan ini akan memakan apapun yang masih layak untuk dimakan. 

Beberapa makanan yang bisa dimakan diantaranya  udang, cacing darah, lele kecil, ikan cere, jangkrik, dan lain lain. Semakin variatif makanannya, semakin bagus juga gizi yang diperoleh ikan tersebut.

Ketika anda merawat ikan ini hal yang perlu dipersiapkan dalam akuarium adalah tanaman air, ranting, dan beberapa potongan pipa untuk tempat bersembunyi. Tambahkan pasir dan bebatuan sebagai dasar akuairum. Pasir yang digunakan bisa berupa pasir silica,malang, dan lain lain. 

Ikan ini tidak memerlukan aerator karena kemampuannya yang bisa mengambil oksigen langsung dari udara.

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.

Post a Comment

0 Comments