Dahulu memang ikan gabus selalu diidentikkan dengan ikan konsumsi atau ikan untuk dimakan.

Namun kini masyarakat sudah mulai sadar kalau ikan gabus atau yang biasa kita sebut ikan Channa ternyata punya jenis yang beragam dengan ukuran tubuh, ukuran sirip, warna, corak, dan karakteristik yang berbeda. 

Jika anda penghobi ikan yang ingin merawat ikan Channa, berikut  kami berikan rekomendasi  5 Jenis ikan Channa Hias Pemula Dengan Perawatan Mudah

  1. Channa Limbata


  2. Channa Asiatica


  3. Channa Pulchra


  4. Channa Stewartii


  5. Channa Andrao


Ke 5 Jenis Channa ini cocok untuk pemula karena Ikannya tangguh, tidak mudah mati, dan perawatannya yang mudah. Jika anda ingin merawat ikan ini sebaiknya taruh dalam akuarium kaca dan beri tutup agar ikan tidak melompat keluar dari akuarium. Ikan ini tidak memerlukan filter dan oksigen ketika kita memeliharanya dalam akuarium. 


Peralatan Yang Dibutuhkan : 

1.Pasir
Pasir berfungsi untuk menyerap amoniak pada kotoran ikan.
Hal ini berfungsi untuk menjaga kualitas air

2.Tanaman Air
Tanaman air berfungsi  menghasilkan oksigen yang akan digunakan ikan untuk bernafas.

3.Lampu Aquascape
Lampu Aquascape berfungsi untuk membuat warna ikan menjadi lebih menarik.

Cara Perawatan :

Ikan Channa termasuk ikan yang tahan banting.  Penyebab ikan ini cepat mati adalah kualitas air, dimana air yang mudah kotor terutama dari kotoran ikan sendiri akan bisa membuat ikan mati. Maka perlu dilakukan pengurasan air secara berkala. Sebaiknya dilakukan pengurasan minimal ¼ air setiap minggu sampai maksimal 2 bulan, Tergantung besar akuarium dan tingkat kekeruhan air.

Ikan channa walaupun tidak memerlukan oksigen dan filter. sebaiknya diberi tanaman air. 
Fungsi dari tanaman sendiri adalah menyerap kotoran ikan, amoniak dalam air yang dapat menjaga kejernihan air.

Jika ingin pengurasan lebih lama dan air tetap jernih makan gunakan filter. Filter yang direkomendasikan jenis filter sponge dan filter undergravel dengan mesin oksigen ini jenis filter termurah dan termudah untuk menjernihkan air.  

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.