Aquascape merupakan replika dari ekosistem alam yang sangat indah, Apalagi didalamnya ada tanaman yang tumbuh subur dan sehat. Semua itu tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra. Diantara banyaknya kebutuhan aquascape, Salah satu perlengkapan yang penting yaitu tabung Co2 untuk tanaman. 



Disini Alamikan akan menjelaskan perlengkapan untuk tabung Co2 berserta fungsi dari masing masing item

Baca Juga : Jenis Tanaman Karpet Aquascape

1. Tabung Co2



Tabung Co2 berfungsi untuk menyimpan gas Co2 agar dapat bertahan lama dalam tabung sesuai dengan ukuran tabung dan cara pemakaiannya sendiri. Tabung Co2 memiliki ukuran yang beragam mulai dari 0,5 liter sampai dengan 3 liter.

2. Regulator Co2



Regulator Co2 berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan keluarnya gas Co2 dari dalam tabung. Selain itu Regulator ini dapat memudahkan kita untuk mengatur besar kecilnya pengeluaran gas sesuai dengan keinginan kita.

3. Check Valve



Check Valve berfungsi untuk menahan alur balik dari air yang ada dalam aquascape agar air tidak masuk ke dalam tabung gas ketika gasnya habis. Hal ini memang jarang terjadi, namun ada kemungkinan kecil dapat terjadi. 

4. Bubble Counter



Bubble Counter berfungsi untuk menghitung suplay Co2 yang masuk kedalam aquascape. Jika kita menyeting 1 gelembung tiap 3 detik maka akan terlihat gelembung yang keluar didalam bubble counter tersebut.

5. Diffuser



Diffuser berfungsi sebagai alat output untuk gas Co2 didalam aquascape. Gas akan keluar dengan ukuran kecil yang sangat halus sehingga mudah tersebar luas dalam aquascape. Biasanya diffuser diletakkan pada bagian bawah arus air sehingga mudah tersebar merata ke seluruh aquascape.

6. Co2 Reactor



Co2 Reactor berfungsi untuk mencmpurkan Co2 ke dalam air sebelum masuk kedalam aquascape. Jika kalian menggunakan alat ini maka kalian tidak perlu menggunakan diffuser, atau sebaliknya.

Kalian hanya perlu memilih salah satu antara Co2 Reactor atau Diffuser.

Sekian informasi yang dapat Alamikan berikan. Semoga bisa membantu kalian yang ingin membuat aquascape didalam rumah.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga informasi ini dapat bermanfaat.