Mungkin nama tanaman ini sangat asing di telinga kalian. Tanaman Hydrilla merupakan jenis tanaman air yang biasa digunakan untuk aquascape. Di alamnya tanaman ini tumbuh di sedimen bawah air dengan kedalaman kurang lebih sekitar 2 meter.

Tanaman hydrilla memiliki beberapa cara untuk bereproduksi yaitu didalam air, melalui cabang, dan akar fragmen yang berasal dari tanaman rusak dan hanyut ke daerah baru.

Perlu kalian ketahui bahwa tanaman ini merupakan contoh gulma beracun dan bisa mengganggu danau dan sungai yang ditumbuhi tanaman hydrilla ini.

Tanaman hydrilla ini tumbuh di perairan dengan suhu dingin sampai hangat dari negara bagian Asia, Australia, Afrika, hingga menyebar ke bagian Eropa. Tanaman ini tumbuh bersaing dengan tanaman lain dan bisa menghambat cahaya matahari yang masuk ke tanaman lain karena terhalang oleh tanaman hydrilla ini.

Tanaman ini juga dapat menyebabkan banjir karena tumbuh membentuk karpet tebal yang dapat menghalangi air untuk dapat mengalir dengan baik. Karena itu tanaman ini termasuk tanaman yang dilarang di daerah Selandia Baru.

Baca JugaFungsi dan Dampak Hydrilla verticilata

Jenis Hydrilla

Menurut ahli botani, tanaman hydrilla memiliki 3 jenis yaitu :

1. Brazillian elodea atau egeria densa



2. Hydrilla verticillata



3. Elodea canadensis



Klasifikasi Tanaman Hydrilla

Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman hydrilla

  • Kingdom: Plantae
  • Sub kingdom: Tracheobionta
  • Super divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Sub kelas: Alismatidae
  • Ordo: Hydrocharitales
  • Family: Hydrocharitaceae
  • Genus: Hydrilla
  • Spesies: Hydrilla verticillata L Royle

Ciri Morfologi Tanaman Hydrilla

Berikut ini adalah ciri morfologi dari tanaman hydrilla

1. Batang

Batang merupakan salah satu organ pada tanaman yang sangat penting. Batang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk bertumpu dan tumbuh.

Fakta unik dari hydrilla yaitu daun dan akar merupakan pertumbuhan lanjutan dari batang yang mempunyai fungsi masing masing. Tanaman hydrilla mempunyai batang yang cukup panjang yaitu sekitar 1 sampai 2 meter.

2. Daun

Daun hydrilla tumbuh disekitar batang. Masing masing daun dari jenis tanaman hydrilla memiliki panjang kisaran 5 sampai 20mm dengan lebar daun 0,7 hingga 2mm. Tanaman ini memiliki bentuk daun dengan bagian tepi bergerigi dengan warna daun yang kemerah merahan ketika masih segar.

3. Bunga

Hydrilla merupakan jenis tumbuhan yang kadang monoecious atau dioecious. Apabila dioecious (berumah dua) maka akan terdapat 2 jenis kelamin yaitu bunga jantan dan betina.

Ukuran bunga hydrilla sangat kecil dengan jumlah kelopak 3 macam dan 3 mahkota. Panjang mahkota bunga ini antara 3mm sampai 55mm. 

Baca Juga : Cara pemasangan Aquascape ikan discus

Manfaat Tanaman Hydrilla

  1. Hydrilla memiliki unsur hara yang dapat dijadikan sebagai pupuk organik untuk membantu proses pertumbuhan tanaman lainnya

  2. Hydrilla juga bisa dijadikan sebagai makanan ikan, tempat persembunyian, dan sebagai tempat pemijahan ikan hias atau ikan dengan ukuran yang kecil.

  3. Hydrilla dapat menurunkan kadar logam Cr yang terdapat pada limbah dengan proses penyamaan kulit sebesar 95% dalam waktu sekitar 8 hari.

  4. Hydrilla dapat dijadikan sebagai hiasan aquascape agar memberikan kesan alami dan tidak membosankan untuk dilihat.