Model aquascape natural merupakan salah satu dari dua model utama yang mendominasi dunia aquascaping. Konsep dasar dari model ini sudah diperkenalkan oleh Takashi Amano, Aquarist Jepang pada tahun 1990 an dan menjadi populer hingga saat ini. Model aquascape natural berasal dari pemandangan yang tumbuh secara alami. Konsep ini diambil dari perkebunan Wabi Sabi di Jepang.

Tujuan utama dibuatnya aquascape model natural adalah untuk meniru pemandangan alam sebaik mungkin. Mulai dari pegunungan sampai dengan kayu yang terendam air, di dedain sedemikian rupa agar memiliki seni keindahan serta orisinalitas yang tak terbatas.

Aquascape bertema natural paling umum menggambarkan lingkungan alami seperti hutan hujan, dataran bergulir, bukit, atau pegunungan. Aquascape model natural tidak memiliki komposisi pembuatan yang sulit. Hanya saja harus memiliki substrat tanam yang tepat dan bahan hardscape yang berkualitas.

Baca juga : Manfaat Sirif Gading

Dalam konstruksi tata letaknya, Aquascape model natural memiliki 3 jenis :

1. Bentuk Cekung

Tanaman diletakkan pada ketinggian yang menurun dari titik satu ke titik lainnya. Dengan bagian tengah sebagai titik terendah sehingga menampilkan kesan ruang terbuka berada di tengah. Tata letak cekung biasanya digunakan untuk menggambarkan suasana alam seperti lembah atau lereng bukit dan menciptakan ilusi kedalaman pada aquascape.


Baca juga : contoh desain aquascape mudah

2. Bentuk Cembung

Bentuk cembung juga dikenal sebagai “pulau” karena tanaman dipangkas lebih rendah di kedua sisinya dan lebih tinggi pada bagian tengahnya. Secara estetika akan terlihat sangat bagus dan dapat diperoleh dengan bebatuan untuk membuat pemandangan gunung. Biasanya bentuk cembung ini digunakan untuk menggambarkan alam pulau atau pegunungan.




3. Bentuk Segitiga

Bentuk segitiga menciptakan visual yang seimbang. Tinggi lereng tanaman secara bertahap dari tinggi di satu sisi aquascape ke rendah di sisi lain. Biasanya bentuk segitiga digunakan untuk menggambarkan pemandangan terumbu karang tropis atau tepi sungai.


Baca Juga : contoh Tema aquascape Natural

Komponen penting dari model ini adalah kehidupan dari ikan dan tumbuhan. Biasanya aquascape model natural menggunakan spesies ikan dan tumbuhan yang berasal dari lingkungan sebenarnya yang coba di tiru oleh para aquascaper.

Biasanya tanaman stem sering digunakan pada model natural karena dapat tumbuh cepat dan padat sehingga sangat bagus untuk membuat perbedaan ketinggian pada aquascape. Lumut dan pakis juga digunakan bersama kayu apung dan hardscape batu. Sedangkan untuk pemilihan ikan berdasarkan pada spesies, bentuk, dan estetika pada umumnya.