Ternyata tanaman sirih gading memiliki banyak manfaat. Ditanaman pada pot dan ditempatkan dalam ruangan dapat membantu menyerap racun berbahaya yang ada disekitarnya. Selain itu sirih gading juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih asri, sejuk,dan indah. Tidak heran jika tanaman ini dijadikan sebagai dekorasi rumah atau apartemen.



Sirih gading memiliki bentuk daun seperti daun sirih pada umumnya yaitu berbentuk jantung hati. Sirih gading memiliki warna kombinasi antara hijau dan kuning. 

Sirih gading bisa ditanam pada media tanah dan air. Jika ditanam pada media tanah pastikan tanahnya gembur dan telah dicampur dengan pupuk kandang. Kalian juga bisa menanamnya pada pot kecil atau pot gantung karena tanaman ini dapat dijadikan sebgai vertical garden.

Selain dapat menyerap racun, sirih gading juga dapat digunakan untuk aquascape.

Baca JugaKeistimewaan muntahan Ikan Paus

Berikut Manfaat Sirih Gading Untuk Aquascape

1. Sebagai Hiasan

Sirih gading berfungsi sebagai hiasan pada aquascape agar terlihat lebih cantik dan indah.

Sirih gading tidak hanya hidup pada media tanah atau gantung saja, tetapi bisa hidup dan tumbuh juga walaupun dalam air. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan aquascape lebih tepatnya paludarium dan vivarium. Sifat tanaman ini lebih cocok akarnya berada didalam air dan daunnya ada didarat. 

2. Mengurangi Amonia

Jika kalian memelihara ikan mas koki dalam aquascape, ada baiknya kalian menaruh sirih gading didalam aquascape.

Karena ikan mas koki sering mengeluarkan kotoran yang menghasilkan amonia. Jika dibiarkan maka amonia dapat membahayakan ikan dalam aquascape.

Sirih gading dapat mengurai amonia sehingga dapat membuat ikan aman dari penyakit.

3. Penstabil Oksigen

Ketika sirih gading melakukan asimilasi, mampu menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen secara merata dalam aquascape. Selain itu sirih gading dapat mengeluarkan zat antibiotik alami yang sempurna.

4. Sebagai Penyerap Kotoran Ikan

Sirih gading dapat menyerap kotoran ikan sehingga air dalam aquascape akan menjadi lebih jernih dan bersih. Sangat cocok bagi kalian yang menginginkan tampilan aquascape menarik dan bebas dari kotoran ikan.

5. Sebagai Tempat Persembunyian Ikan

Dengan adanya sirih gading pada akuarium dan kolam anda akan memberikan kesan cantik dan segar. Akar pada sirih gading yang jatuh kedalam air akan dapat menjadi tempat persembunyian ikan, tempat bertelur dan berteduh. Ikan akan merasa lebih nyaman dan aman.