Seringkali saya melihat orang orang gagal ketika menanam moss mulai dari moss yang menguning, tumbuh alga, kemudian tumbuhnya lama dan masalah lainnya. Menanam tanaman moss tidak semudah yang kalian bayangkan.




Ada beberapa tips yang bisa kalian coba, disini saya membaginya menjadi 5 hal yang harus kalian lakukan agar sukses menanam moss aquascape

1. Parameter Air

Parameter air yang bagus memiliki nilai mineral yang rendah atau total dissolved solid (tds) yang rendah. Sebisa meungkin menggunakan air dengan dengan tds dibawah 100.

Yang harus diingat adalah tds dibawah 100 pada sumber air, bukan total tds setelah air masuk tank.

Apabila sulit mendapat air dengan tds dibawah 100, masih bisa menggunakan air dengan tds yang lebih tinggi tapi jangan melebihi 200 tds.

Untuk pH air usahakan jangan lebih dari 8.

Untuk airnya sendiri kalian bisa menggunakan air galon isi ulang atau air hujan. Bisa juga menggunakan air PDAM yang sudah diolah sehingga tdsnya dibawah 200.

2. Suhu

Apabila kalian bisa memenuhi parameter pertama maka suhu 30 derajat masih memungkinkan untuk moss ini tumbuh, walaupun tidak maksimal.

Moss hidup didaerah yang suhunya dingin. Usahakan suhunya dibawah 28 derajat celcius.

Jika kesulitan mendapat air dengan suhu dibawah 28 kalian bisa menggunakan kipas untuk menurunkan suhu air sebanyak 1 sampai 2 derajat.

Baca Juga : 5 manfaat sirih gading

3. Filter

Filter merupakan salah satu bagian yang penting karena moss sensitive dengan debu, kotoran, sedimen yang ada dalam aquascape.

Jika Filter yang kalian gunakan jelek maka moss akan menjadi kotor sehingga berpotensi tumbuhnya alga yang dapat membuat moss menjadi rusak.

4. Cahaya

Cahaya pada moss sebenernya tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan tanaman lainnya seperti stem. Moss bisa hidup pada cahaya low hingga medium. Ketika di cahaya tinggi juga bisa tumbuh dengan normal namun dengan resiko alga yang sangat tinggi.

Kalian dapat menggunakan cahaya yang low – medium agar moss dapat tumbuh dengan baik.

Untuk durasi cahayanya cukup 6 sampai 8 jam agar menghindari alga yang berlebih.

5. Nutrisi

Moss tidak membutuhkan nutrisi yang banyak, cukup berikan pupuk cair secukupnya agar dapat tumbuh dengan baik.

Nutrisi dapat membuat moss lebih segar dan tumbuh lebih cepat.