7 Cara Merawat Hijab Voal Buttonscarves Biar Makin Awet

Wanita berbaring di atas kacamata di samping pasir
 
Sumber foto : pexels
 

Ada beragam bahan hijab yang hadir di pasaran, salah satunya adalah voal. Sebagai bahan hijab yang banyak disukai, dibutuhkan berbagai trik tersendiri dalam merawat hijab voal agar makin awet.

Inilah Tips Merawat Hijab Voal Buttonscarves Agar Tahan Lama
Karakteristiknya yang lembut dan tipis tapi tidak nerawang menjadi beberapa alasan mengapa hijab bahan voal banyak diburu. Pembahasan selengkapnya mengenai hijab ini, bisa Anda simak melalui paparan berikut.

1. Cuci dengan Tangan, Hindari Mesin
Langkah pertama dalam merawat hijab voal agar makin awet ialah mencucinya secara manual menggunakan tangan. Alasan mengapa Anda sebaiknya menghindari mesin cuci adalah untuk menjaga seratnya agar tidak cepat rusak.

Namun jika Anda terpaksa mencuci memakai mesin. Sebaiknya pisahkan lebih dulu hijab voal dengan bahan tebal lainnya, seperti jeans, jaket, kaos dan sebagainya. 

Beberapa mesin cuci keluaran terbaru kini sudah dilengkapi fitur hand wash sehingga bisa Anda gunakan untuk mencuci hijab voal. 

2. Cuci Memakai Deterjen Cair
Berikutnya yaitu mencuci dengan deterjen cair daripada menggunakan deterjen bubuk. Hal ini karena deterjen cair bisa larut sempurna di dalam air, berbeda dengan deterjen bubuk yang terkadang menggumpal.

Jangan lupa pakai deterjen sedikit saja, namun apabila Anda tidak memiliki deterjen cair. Maka bisa menggunakan sampo sebagai pengganti. Hal ini karena sampo memiliki formula lembut sehingga akan menjaga serat bahan voal. 

3. Pisahkan Hijab Voal Buttonscarves saat Dicuci
Saat hijab voal dipakai, terkadang ada aktivitas tertentu yang membuatnya terkena noda. Tetapi, Anda tidak perlu panik, segera bersihkan noda dengan air dan kucek secara lembut.

Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa membersihkannya nanti ketika sampai di rumah. Untuk noda yang agak membandel, cukup gunakan produk pembersih noda di area yang kotor. Kucek sebentar hingga bersih dan cuci hijab seperti biasanya.

Hal lain yang tidak kalah penting ialah memperhatikan pakaian yang Anda cuci bersama dengan hijab voal. Alih-alih mencampur, lebih baik pisahkan dengan pakaian lain untuk menghindari terjadinya pelunturan warna.

4. Jemur dengan Cara yang Tepat
Tak hanya sampai di situ, agar hijab berbahan voal Anda awet, sebaiknya perhatikan juga faktor penjemurannya. Mengingat hijab voal bertekstur lembut dan tipis, bagusnya jemur tanpa terkena sinar matahari langsung.

Menjemur hijab bahan voal di bawah paparan sinar matahari langsung dapat membuat warnanya cepat pudar. Tentu Anda tak ingin hal tersebut terjadi pada motif hijab kesayangan Anda, bukan?

Selanjutnya letakkan di tempat yang teduh semi outdoor. Semilir angin sudah cukup untuk mengeringkan hijab voal yang tipis ini. Sebelum dijemur, keringkan hijab voal dengan cara diperas hingga kering sempurna. Hal ini akan menghindarkan hijab berbau apek.

5. Setrika dengan Suhu Sedang
Langkah merawat hijab voal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah tahap penyetrikaan. Mengingat bahannya yang tipis, hindari setrika dengan suhu tinggi untuk menjaga seratnya tetap halus dan tidak rusak.

Selalu gunakan setrika bersuhu sedang atau gunakan lembaran kain untuk melapisinya agar hijab voal tidak terpapar langsung dengan panas mesin setrika.

Seperti halnya menjemur hijab di bawah sinar matahari yang dapat mempengaruhi warnanya, ternyata hal ini juga berlaku saat Anda menggunakan setrika dalam suhu tinggi. Jadi, pastikan untuk menghindari beberapa hal tersebut jika ingin hijab kesayangan tetap memiliki warna yang awet. 

6. Perhatikan Penyimpanannya
Langkah kecil yang tak kalah penting untuk menjaga bahan voal tetap awet yaitu dengan memperhatikan cara penyimpanannya. Daripada melipat hijab voal di dalam lemari, sebaiknya simpan dengan cara digantung. Ingat, serat halus dan tipis yang dimiliki hijab voal bersifat sensitif sehingga akan mudah berbekas saat dilipat. 

7. Gunakan Jarum Tajam
Saat mengenakan hijab voal, sangat penting untuk memperhatikan ketajaman jarum yang dipakai. Semakin tajam dan kecil ukuran jarum yang dipakai maka akan minim pula bekas yang ditinggalkan sehingga akan lebih awet. 

Aneka Hijab Voal Buttonscarves untuk Berbagai Acara yang Dapat Anda Pilih
 
Dua wanita berkerudung jilbab putih
Sumber foto: pexels

Buttonscarves adalah salah satu brand hijab yang menghadirkan berbagai seri hijab voal yang cukup populer. Mulai dari Buttonscarves Voal Square Amethys, Buttonscarves The Daisy Series Voal Square, maupun Buttonscarves The Topkapi Voal Square.

Anda bisa mendapatkan salah satu series dari hijab voal Buttonscarves di BliBli. Di mana perusahaan tersebut merupakan salah satu marketplace yang menyediakan beragam kebutuhan dengan harga bersaing. Bahkan, Anda juga berkesempatan mendapatkan banyak promo yang sayang untuk dilewatkan, termasuk koleksi hijab voal.

Agar tak ketinggalan dengan berbagai benefit di atas, segera unduh aplikasi BliBli. 

Cara Membedakan Hijab Voal Asli dan Palsu
Telah disinggung sebelumnya bahwa hijab voal merupakan bahan hijab yang banyak disukai karena tipis sehingga tidak gerah namun sekaligus tidak nerawang ketika dipakai. 
Agar tak salah pilih, berikut ciri hijab bahan voal asli, yaitu:
  • Hijab voal memiliki tekstur yang lembut dan tidak mudah lecek. Hal ini berbeda dengan bahan linen yang lebih mudah kusut sehingga Anda harus waspada karena keduanya terlihat mirip. 
  • Hijab voal memiliki warna yang lembut dan tidak pekat. Bukan karena produk lama, namun permukaan tipis hijab voal menjadi salah satu penyebab dari tidak memiliki kemampuan untuk menyerap banyak warna dalam membentuk kepekatan. 
  • Hijab voal dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100.000an hingga Rp 300.000. Sehingga, apabila Anda menemukan hijab voal yang dibanderol dengan harga sangat murah, Anda patut mewaspadai hal tersebut. 
Nah, itulah beberapa teknik merawat hijab voal agar makin awet. Setelah mengikuti penjelasan detail di atas, langkah-langkah tidak terasa sulit, bukan? Sekarang, Anda bisa mengandalkan hijab voal untuk tampil cantik namun tetap nyaman karena tidak gerah.