Ikan RTC atau Red Tail Catfish merupakan salah satu jenis ikan hias yang digemari oleh pengoleksi ikan hias.

Ikan memiliki penampilan yang unik. Ikan ini sering kali dijuluki sebagai lele besar dengan wajah Doraemon, karakter animasi Jepang. Ikan RTC ini sangat cocok dijadikan hiasan aquarium rumahan atau tempat umum.

Ikan RTC digemari para pengoleksi ikan hias karena penampilan yang unik dan juga perawatannya yang mudah sehingga tidak memakan banyak biaya perawatan.

Berikut klasifikasi ilmiah dari Ikan Red Tail Catfish

• Kingdom : Animalia
• Filum : Chordata
• Kelas : Actinopterygil
• Ordo : Siluryformes
• Famili : Pimoledidae
• Genus : Phractocephalus
• Spesies : P. Hemioliopterus

Baca Juga : Harga Ikan Gabus

Habitat Ikan Red Tail Catfish

Habitat asli ikan RTC adalah perairan air tawar seperti danau dan sungai. Ikan RTC ini tidak bisa hidup di laut atau jenis air asin lainnya.
Ikan RTC dapat hidup pada air tawar dengan arus tenang maupun arus deras. Ikan ini pertama kali di temukan di sungai Orinoco, Amazon, dan Essequibo di Benua Amerika.

Lalu ikan ini menyebar secara alami ke berbagai negara lain seperti Guyana, Bolivia, Venezuela, dan Ekuador. Sekarang ikan RTC lebih mudah ditemukan karena sudah ada di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah negara kita, Indonesia.

Ciri Fisik Ikan Red Tail Catfish

Sesuai dengan namanya, Ikan ini memiliki ekor berwarna merah. Warna paha dan perut ikan ini sangat kontras berwarna hitam dan putih.

Ikan RTC memiliki kepala yang sangat besar dan lebar mirip tokoh kartun Doraemon.
Ikan RTC dapat tumbuh mencapai ukuran panjang sekitar 1,8 meter dengan berat badannya bisa mencapai 80kg.

Karakteristik Ikan Red Tail Catfish 

Ikan ini memiliki karakter yang suka bersembunyi di bebatuan maupun hiasan aneka anemon laut ketika kita pelihara dalam akuarium. Karakteristik ini mirip seperti ikan Lele.