Apa kalian pernah melihat ikan yang bercahaya ? Apakah menurut kalian ikan itu seperti kunang kunang dalam akuarium ?


Bagi penghobi ikan hias tentunya sudah tidak asing dengan ikan ini, ikan ini adalah ikan Glofish.

Glofish memiliki bentuk yang serupa dengan ikan zebra namun mereka memiliki warna yang lebih menarik dan bisa bercahaya dalam kegelapan.

Ikan ini tidak hidup dialam liar. Glofish merupakan merk komersial yang sudah dipatenkan. Ikan ini dibuat dengan cara modifikasi secara genetik. Ikan ini secara resmi diternak oleh perusahaan asal Taiwan yang bernama Taikong Corp. Modifikasi genetik dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh cahaya terang seperti neon. Ikan ini bisa bercahaya dalam gelap karena ditambahkannya gen salah satu jenis ubur ubur Pasifik. Gen ini masuk ke dalam DNA ikan sehingga protein fluorescent hijau sintesisnya dapat membuat ikan bersinar.

Ikan zebra yang menjadi ikan pertama yang memperoleh gen ini. Ikan zebra ini dipilih karena mengandung DNA karang merah dan ubur ubur. Ikan zebra yang mengandung DNA karang akan berwarna merah  sedangkan yang mengandung DNA ubur ubur akan berwarna hijau. Kalau ikan zebra mengandung ke 2 DNA tersebut akan berwarna kuning. Protein asing membuat ikan menjadi lebih terang.

Awal mula diciptakannya Glofish adalah sebagai indikator pencemaran air. Jika ikan Glofish berubah warna, itu pertanda air mengandung racun yang berbahaya.

Publik sangat tertarik dengan penelitian ini sehingga para ilmuwan mengeksplor penelitian mereka terhadap spesies ikan lain.

Sejauh ini sudah tercipta ikan glofish dengan beragam warna yaitu Sunburst Orange, Electric Green, Starfire Red, Cosmic Blue, dan Galatic Purple.

Sejak lahir anakan ikan ini akan langsung memiliki warna. Warna ikan ini semakin dewasa semakin bagus dan terang. Tidak hanya ikan zebra, Ilmuwan juga mencoba pada ikan Tetra, Tiger Barb, dan Red Fin Shark. Hasilnya mereka menjadi GloFish Tetra, GloFish Barb, dan GloFish Shark.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Channa 

Cara Memelihara Ikan GloFish dalam akuarium

Ikan ini dapat dipelihara dalam akuarium dengan daya tahan yang kuat sehingga tidak mudah mati. 

Sedangkan kadar pH nya antara 6 sampai 7,5. Umumnya GloFish berkarakteristik tenang dan damai, 

Jika anda dapat merawatnya dengan baik, ikan GloFish dapat hidup mencapai umur 15 Tahunan.

Ikan glofish berukuran kecil dengan ikan dewasanya bisa mencapat 6cm. Ikan glofish neon ini berwarna terang dan terlihat menyala di dalam air untuk mendapatkan ikan ini bisa hubungi Alamikan