Ikan arapaima gigas adalah ikan predator air tawar dengan ukuran terbesar di dunia.


Ikan ini berasal dari perairan Amazon. Di alamnya, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 2,5 meter. Ikan arapaima dengan ukuran besar bisa anda lihat di tempat rekreasi seperti di Museum Taman Mini Indonesia.

Ikan arapaima merupakan predator tingkat atas di habitatnya. Ikan ini dapat memangsa apapun yang muat dalam mulutnya. Ikan arapaima sangat agresif ketika sedang makan. Makanan ikan ini dapat berupa ikan hidup ataupun potongan ikan segar.

Sebenarnya ikan arapaima ini tidak berbahaya bagi manusia namun akan berbahaya jika manusia menangkap ikan arapaima ukuran besar karna dapat melompat dan langsung menerjang badan manusia dengan keras. Apabila terkena terjangan ini akan berakibat sangat fatal.

Berikut hal yang harus diperhatikan jika anda ingin memelihara ikan arapaima

1. Uang

Pastikan anda mempunyai uang untuk membeli ikan ini beserta dengan biaya perawatannya

2. Tempat

Ikan arapaima dapat tumbuh mencapai 2,5 meter. Jadi kalian harus mempunyai tempat dengan luas minimal 2x dari panjang ikan ini agar ikan dapat tumbuh dan bergerak dengan bebas.

3. Pakan

Ikan arapaima tergolong ikan predator yang rakus. Jadi siapkan biaya untuk membeli pakan ikan ini.

4. Perilaku pemelihara

Ikan ini sangat berbahaya jika dilepas di perairan Indonesia karena dapat mengancam punahnya ikan ikan lokal. 

Tidak hanya arapaima, termasuk juga ikan predator lainnya seperti Aligator, Peacock Bass, dan lain lain. Untuk itu sangat penting perilaku pemelihara agar dapat menempatkan ikannya dengan baik.

Diketahui ikan arapaima ini belum bisa dibudidaya di Indonesia. Jadi biasanya penjual akan mengimport ikan arapaima ini ke Indonesia.

Baca Juga : Jenis Jenis Tanaman Kadaka

Berikut adalah daftar harga ikan arapaima berdasarkan ukurannya

Ikan arapaima baby dengan ukuran 7cm sampai 10cm dijual dengan harga sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.000.000 untuk per ekornya.

Ikan arapaima dengan ukuran sedang dijual dengan harga mencapai Rp 3.000.000 .

Sedangkan untuk Ikan arapaima dengan ukuran besar 1,5 meter sampai 2 meter dijual mencapai harga Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per ekornya.

Ikan arapaima yang dapat berukuran sangat besar sebaiknya di pelihara di dalam kolam, karena cukup berbahaya jika kaca anda tipis dapat menyebabkan akuarium anda pecah.