Jenis Jenis Tanaman Kadaka Aquascape

Tanaman kadaka aquascape adalah sebutan bagi orang awam terhadap tanaman ini. Sebenarnya nama tanaman ini adalah Java Fern. Keduanya memang terlihat sama, yang membedakan adalah tempat hidupnya.

Kadaka tidak hidup didalam air sedangkan Java Fern hidup didalam air sepenuhnya atau sebagian. Nah karena bentuk yang mirip namun habitatnya berbeda, orang orang menyebutnya tanaman kadaka dengan menambahkan imbuhan “aquascape” dengan maksud tamanan air.

Java fern (Microsorum pteropus) merupakan salah satu jenis tanaman yang populer dan sering dipakai dalam aquascape.

Habitat Java Fern

Java fern berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Polypodiaceae dan genus Microsorum. Java fern biasanya tumbuh di bebatuan atau sekitar pohon yang berada di jalur air seperti sungai dan air terjun.

Di habitat aslinya, Java fern tumbuh didalam air atau hanya sebagian saja. Intinya tanaman ini hidup di daerah yang sering terkena air atau lembab.

Jenis Java Fern

Java fern memiliki banyak jenis. Jenis yang paling umum memiliki ciri ciri daun yang cukup lebar pada bagian bawah dan lancip mengecil pada bagian atas.

Biasanya dapat tumbuh maksimal 35cm sehingga cocok untuk berbagai ukuran aquarium.

Java Fern Windelov


Java fern biasanya hanya memiliki 1 daun saja yang menjulang tinggi. Namun java fern windelov memiliki cabang kecil disetiap ujung ddaunnya. Setiap daun terdapat lebih dari satu cabang sehingga membentuk seperti jari pada tangan. Java fern windelov dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 20cm.

Java Fern Narrow Leaf


Java fern narrow leaf memiliki ukuran lebar daun yang lebih kecil daripada java fern lainnya. Umumnya java fern memiliki lebar daun 15 sampai 20cm, sedangkan java fern narrow leaf hanya 10cm  sampai 20cm.

Java fern Needle Leaf


Tanaman ini memiliki ukuran lebar daun terkecil dibandingkan java fern lainnya. Needle Leaf dalam bahasa Indonesia berarti “Jarum”. Java fern needle leaf dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 15cm.

Baca Juga : 7 arti mimpi mancing

Java Fern Trident

Trident berarti tombak yang memiliki 3 cabang. Java fern trident memiliki daun yang bercabang 3 seperti tombak. Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan java fern needle leaf.

Tanaman java fern kadaka sangat udah dipasang, bisa di tempel di kayu dan batu untuk mendapatkan tanaman ini bisa hubungi Alam Ikan

Post a Comment

0 Comments