Ikan discus merupakah salah satu jenis ikan hias yang memiliki bentuk unik. Ikan ini memiliki bentuk pipih dan juga memiliki warna dan corak yang sangat indah untuk dipandang. Ikan discus juga memiliki jenis yang beragam. Ikan discus memiliki nama latin Symphysodon. Ikan ini berhabitat asli air tawar yang berasal dari sungai Amazon, Brazil.



Ikan discus termasuk ke dalam genus Symphysodon yang terdiri dari 3 spesies yaitu Heckel Discus (S. discus), Green Discus (S. aequifasciatus), dan Blue and Brown Discus (S. haraldi). Selain ke 3 spesies tersebut, ada juga ikan discus yang dibuat oleh manusia melalui perkembangbiakan selektif dan mutasi alami. Ikan discus memiliki karakter yang tenang dan menyenangkan untuk dipandang dalam aquascape.

Berikut ini adalah jenis jenis ikan discus

1. Red Snake Skin

Ikan discus dengan nama red snake skin ini memiliki corak khas yaitu garis vertikal tipis berwarna merah dengan biru yang mirip seperti ular. Ikan jenis ini biasanya digunakan untuk kawin silang dengan jenis ikan lain karena memiliki corak yang menarik.

Hasil perkawinan silang dengan ikan discus red snake skin seperti leopard snakeskin, red spotted golden leopard snake skin, blue diamond snake skin, pigeon snake skin,

2. Red Ribbon

Ikan discus red ribbon memiliki warna dasar putih kekuningan.Coraknya berwarna merah dengan bentuk pola abstrak yang tidak beraturan.Mempunyai sirip yang berwarna bening kemerahan. Jika kamu melihat ikan ini secara detail, maka kamu akan menyadari bahwa warna corak ikan ini sangat memukau.

3. White Diamond

Ikan ini memiliki warna dominan putih sepenuhnya.

4. Yellow Diamond

Ikan ini memiliki warna dominan kuning sepenuhnya.

Baca juga : Ikan Zebra Neon warna terang

5. Red Mellon

Ikan discus red mellon mempunyai badan yang berwarna merah dengan kepala berwarna putih atau kekuningan.

6. Turquoise

Ikan ini termasuk kedalam kelompok Thick lines. Thick lines adalah ikan yang memiliki corak tebal.

7. Blue Diamond

Sesuai namanya, Ikan ini memiliki warna dominan biru sepenuhnya.

Pada bagian siripnya, terdapat aksen putih dan dibagian tubuhnya memiliki nuansa biru tua.

Saat terkena cahaya, bagian siripnya akan terlihat seperti menyala dan matanya akan nampak merah terang.

semakin berkembangnya jaman berbagai perpaduan warna akan mulai muncul, dengan persilangan antar discus dapat memunculkan corak baru pada ikan tergantung jenis ikan discus yang di kawinkan.