Ikan zebra danio adalah salah satu jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko ikan hias dan harganya relatif murah yaitu kisaran. Rp 3.000 an per ekor. Selain murah, ikan ini juga memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga ikan zebra danio ini sangat cocok buat pemula yang ingin memelihara ikan hias.

Sesuai dengan namanya yaitu “zebra”, ikan ini memiliki ciri khas pada badannya yang memiliki garis hitam disepanjang tubuhnya hingga ke ekor bagian belakang. Warna badan ikan zebra danio didominasi oleh merah pada bagian atas dan sedikit berwarna putih disekitar garisnya. Ikan zebra danio memiliki habitat di negara Nepal hingga India.

Sifat Ikan Zebra Danio

Ikan zebra danio memiliki sifat yang sangat aktif. Dia bergerak dengan lincah dan cepat. Ikan ini hidup berkelompok namun tidak bergerak dengan arah yang sama. Ikan ini hanya berkelompok dengan gerakan yang acak.

Karena ikan zebra bergerak dalam kelompok, sebaiknya anda membeli ikan ini dalam jumlah banyak dan menyatukannya dalam 1 akuarium.

Semakin banyak semakin bagus, minimal 5 ekor dalam 1 akuarium. Hal ini juga berfungsi agar ikan tidak mengalami stress, kurang aktif, dan bisa menyebabkan kematian.

Selain zebra danio, ada juga yang namanya ikan zebra GloFish.

Sebenarnya ini adalah jenis ikan yang sama, GloFish adalah ikan zebra danio yang dirubah genetiknya.

Ikan zebra danio ditambahkan gen ubur ubur sehingga menghasilkan warna yang dapat menyala dalam kegelapan.

Ikan zebra danio dengan berbagai warna juga bayak dijual di toko online.

Beberapa jenisnya adalah zebra neon green, starfire red, cosmic blue, sunburst orange, dan galactic purple.

Warna zebra ini sangat terang tidak kalah dengan ikan neon. ikan ini bisa disebut zebra neon dengan warna bervariasi 

 Baca Juga : 7 fakta menarik ikan sturgeon

Cara Merawar Ikan Zebra Danio

1. Menjaga kualitas air

Walaupun ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kita harus tetap menjaga kualitas air dalam akuarium. Gantilah air dalam akuarium sekitar 20% - 25% dalam kurun waktu seminggu sekali. Apabila ingin menggunakan air PAM sebaiknya endapkan dahulu selama 1 atau 2 hari agar kaporit dan klorin dalam air menghilang.

2. Berkelompok

Ikan ini hidup berkelompok. Jika ingin memelihara sebaiknya pelihara minimal 5 ekor dalam 1 akuarium.

3. Pakan

Ikan ini termasuk pemakan segala atau omnivora. Kita bisa memberinya pakan berupa cacing, kutu air, serangga, dan pelet. Pemberian pakan dilakukan 2x sehari yaitu pagi dan sore hari.

Jika memberikan pakan pelet perhatikan ukurannya agar mudah dimakan oleh ikan.


Ikan ini sangat populer dikarenakan warnanya yang sangat terang untuk mendapatkan ikan ini bisa hubungi Alamikan