Channa adalah sebuah marga ikan jenis predator dalam keluarga Channidae (Ikan Gabus). Ikan ini memiliki habitat air tawar di Asia. 

Channa terdiri dari sekitar 50 spesies terdeskripsi secara ilmiah.

Ikan ini memiliki penyebaran alami secara luas di wilayah Asia.

Secara garis besar ikan channa dibagi menjadi 2 jenis yaitu ikan channa konsumsi dan ikan channa hias. Ikan channa konsumsi dan ikan channa hias memiliki ciri ciri yang berbeda, berikut perbandingannya :

Ciri-ciri Ikan Gabus Konsumsi

Ikan gabus konsumsi memiliki panjang maksimal 100cm. Ikan gabus konsumsi  memiliki badan berwarna krem / putih dengan warna punggung coklat kehijauan. Bentuk badan dari ikan gabus konsumsi adalah bulat memanjang dengan kepala berukuran besar yang runcing. Ikan ini memiliki karakter yang agresif dan teritorial. Contoh jenis ikan gabus konsumsi adalah Channa Striata.

Ciri-ciri Ikan Gabus Hias



Ikan gabus hias memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang 10cm sampai lebih dari 90cm. Ikan gabus hias dengan ukuran yang pendek biasa disebut dengan Dwarf Snakehead. 

Dikutip dari Wikipedia, Dwarf Snakehead hanya dapat tumbuh mencapai panjang maksimal 25cm. Beberapa contoh ikan gabus hias yang tergolong Dwarf Snakehead adalah Channa Andrao, Channa Stewartii, dan Channa Limbata. 

Sedangkan ikan gabus hias dengan panjang antara 25 - 35cm disebut dengan Medium Snakehead.
Contoh Medium Snakehead adalah Channa Asiatica, Channa Pulchra, dan Channa Auranti.

Ikan gabus hias dengan ukuran mencapai 50cm disebut dengan Large Snakehead.
Contoh Large Snakehad adalah Channa Marulioides, Channa Micropeltes, dan Parachanna Africana.

Ikan gabus hias memiliki warna yang lebih menarik jika dibandingkan dengan ikan gabus konsumsi. Ikan gabus hias memiliki corak, warna badan, dan warna sirip yang beragam juga. Semua jenis ikan gabus hias memiliki sifat agresif dan teritorial. Jika anda ingin memelihara ikan ini sebaiknya ditaruh sendirian dalam satu aquarium.


Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.