Channa Stewartii bisa menjadi salah satu pilihan jika anda ingin mengoleksi ikan hias. Channa Stewartii kerap kali disebut oleh penghobi ikan dengan sebutan Channa Barca KW. Karena Channa Stewartii dengan Channa Barca memiliki corak dan warna yang hampir mirip.

Channa Stewartii

Ikan ini memiliki nama latin Assamese Snakehead atau bisa disebut juga Golden Snakehead.

Habitat Channa Stewartii

Channa Stewartii merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari Asia Selatan, lebih tepatnya di Negara India dan Nepal.

Ikan ini juga dapat ditemukan di negara Bangladesh.

Habitat asli Channa Stewartii adalah sungai di pegunungan India. Ikan ini hidup di air dengan suhu sekitar 22 – 30 derajat Celcius dengan kadar pH 5 – 7.

Ciri-ciri Channa Stewartii

Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 25cm.

Channa Stewartii memiliki 2 jenis yaitu Stewartii Karbianglong dan Stewartii Arunachal. Berikut perbedaan ke 2 ikan tersebut

1.Warna

Warna Stewartii Karbianglong lebih cerah dengan latar warna putih, sedangkan Stewartii Arunachal cenderung gelap

2.Dot

Dot pada Stewartii Karbianglong membentuk bar yang mirip seperti Channa Auranti, sedangkan pada Stewartii Arunachal memiliki dot yang hampir penuh mirip Channa Barca.

Selain ciri fisik tersebut, ke 2 ikan ini memiliki harga yang berbeda. Stewartii Karbianglong lebih murah daripada Stewartii Arunachal.

Baca Juga : Channa gabus totol totol

Perawatan Channa Stewartii

Untuk membuat warnanya indah dan cerah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan

1.Pola Makan

Channa Stewartii perlu diatur pola makannya agar menghasilkan warna yang maksimal.

Pemberian pakan berupa udang dalam jangka waktu seminggu sekali dapat meningkatkan kualitas warna Channa Stewartii. 6 Hari diluar itu kita bisa memberinya makan berupa pellet.

Udang mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kualitas warna pada ikan Channa Stewartii. Selain itu, Udang mengandung protein tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan Channa dengan cepat.

2.Akuarium

Channa Stewartiiakan akan berwarna cerah apabila lingkungan di sekitarnya cerah juga. Ikan ini akan berusaha menyesuaikan warnanya dengan lingkungan yang ditempatinya. Untuk itu kita harus mengatur akuarium dengan warna yang cerah. Seperti mengatur gambar background akuarium, dasar akuarium, dan air akuarium.

Gunakan pasir malang dengan warna coklat sebagai dasar akuarium. Warna coklat akan terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan pasir warna hitam. Namun tidak disarankan menggunakan pasir warna putih karena dapat menyebabkan warna pada ikan Channa Stewartii kurang muncul.

Air pada akuarium juga perlu rutin diganti. Jangan sampai air kotor dibiarkan begitu saja karena dapat merusak warna pada Channa Stewartii dan juga dapat meracuni tubuh dan mengganggu penyerapan oksigen. 

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.