Channa Maru merupakan salah satu jenis ikan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias. Channa Maru mempunyai nama latin Channa Marulioides atau Emperor Snakehead. Ikan ini merupakan ikan asli dari perairan Indonesia. Ikan ini menjadi populer karena harganya yang relatif murah, perawatan yang mudah, dan tentunya karena warna corak yang indah.

Channa Maru
Sumbr :CPredatorFiSH

Channa maru ikan yang memiliki corak warna kuning paling terang di antara jenis channa. Ikan channa maru asal indonesia bahkan sudah menjadi primadona di seluruh dunia. Bahkan ikan terkuning ini harganya pernah mengalahkan ikan arwana super red. Harga juara ikan kontes ini juga bisa naik berkali lipat, apalagi sudah banyak kontes channa untuk jenis channa maru di indonesia. 

Habitat Channa Maru

Channa Maru berasal dari perairan Sumatera dan Kalimantan, Indonesia. Ikan ini mempunyai banyak nama karena penyebarannya yang luas. Ikan ini hidup pada air dengan suhu 22 sampai 30° C dengan kadar pH 6 sampai 8.

Ciri-ciri Channa Maru

Channa Maru memiliki 10 jenis yang berbeda, Namun disini Saya akan membahas 2 Jenis Channa Maru yang paling populer yaitu Channa Maru Yellow Sentarum dan Red Sentarum.

Channa Maru Yellow Sentarum

Habitat asli Yellow Sentarum adalah danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang maksimal 75 Cm.
Peminat ikan ini sangat banyak karena harganya yang murah dan ikan ini mudah ditemukan di toko ikan hias. Di toko ikan hias ikan ini dijual mulai dari ukuran 3 Cm hingga 15 Cm.

Sesuai namanya, ikan ini identik dengan warna kuning pada bagian tubuhnya. Channa Maru memiliki corak khas seperti angka 9 (99999). Harga Channa Maru Yellow Sentarum cukup terjangkau yaitu Rp. 50.000 hingga Rp. 60.000 untuk ukuran 10 Cm.

Channa Maru Red Sentarum

Sama seperti Yellow Sentarum, habitat asli ikan ini adalah danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Ikan ini disebut Red Sentarum karena memiliki warna merah yang disertai corak pada tubuhnya yang seperti garis bar pada anak panah.


Perawatan Channa Maru

Channa Maru termasuk dalam jenis ikan yang bersifat teritorial. Apabila anda ingin merawat ikan ini sebaiknya satu ekor saja dalam 1 akuarium. Anda bisa memberi makan ikan Channa Maru dengan Udang, Cacing sutra, Jangkrik, Pellet, Ikan kecil, Cacing tanah, Ulat Hongkong, dan Kecoa Dubia.
Gunakan akuarium dengan panjang minimal 2 Meter agar ikan ini dapat bergerak dengan leluasa. Semakin besar ukuran akuarium, semakin bagus.
Pilih backgroud akuarium yang tepat. Background warna hitam untuk menonjolkan warna ikan, biru untuk kesan air segar, dan hijau untuk kesan alami dedaunan. 

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.