Di kalangan pecinta ikan khususnya ikan predator tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan ini adalah Channa Aurantimaculata. Karena nama Ikan ini terlalu panjang, biasanya orang orang menyebutnya dengan nama pendek yaitu Channa Auranti. Channa Aurantimaculata, Ikan Gabus Hias Dari India Nomer 2 Tercantik dari kategori pencampuran warna dan titik titik garis ikan termasuk yang tercantik. Walaupun untuk warna kuning yang paling terang pemenangnya masih jenis channa maru. 

Channa Aurantimaculata

Sumber Youtube : Tablez sheriff

Nama umum dari ikan ini adalah Orange Spotted Snakehead yang dalam bahasa Indonesia berarti Ikan gabus bertotol oranye. Nama lain dari ikan ini adalah Golden Spotted Cobra Snakehead.

Habitat Channa Auratimaculata

Ikan ini berasal dari sungai Brahmaputra, lebih tepatnya di wilayah Dibrugarh bagian timur laut Assam, India.

Kita bisa menemukan Channa Aurantimaculata di tempat yang sering mengalami hujan deras, kelembapan tinggi, dan suhu yang sangat panas ketika musim panas.

Ikan Channa Aurantimaculata dapat hidup pada air ber pH 6 – 7, Namun diketahui ikan ini dapat menyesuaikan diri dengan selisih pH yang jauh.

Channa Aurantimaculata hidup pada suhu air 15 – 28 derajat Celcius.

Ciri-ciri Channa Auratimaculata

Sesuai namanya Orange Spotted Snakehead, ikan ini memiliki bintik berwarna oranye.
Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 40 cm. Channa Aurantimaculata memiliki tubuh berwarna coklat disertai dengan garis vertical berwarna oranye. Ukuran kepala yang sedikit lebih kecil sehingga siripnya terlihat lebih besar. 

Kepala Channa Aurantimaculata memiliki warna sedikit kebiruan. Ujung siripnya juga ada sedikit warna biru.

Ikan ini mirip dengan Channa Barca.


Perawatan Channa Auratimaculata

Sebagai ikan predator, Channa Aurantimaculata bisa memakan semua jenis makanan. Namun dia lebih menyukai makanan seperti udang, potongan kecil ikan, cacing beku, ulat hongkong dan lain lain.

Channa Aurantimaculata juga bisa memakan pellet namun hal ini dapat membuat air menjadi cepat kotor.

Channa Aurantimaculata termasuk salah satu jenis ikan gabus yang paling galak. Jadi ikan ini harus dipelihara secara terpisah atau individual. Hal ini dikarenakan ikan Channa Aurantimaculata bersifat agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Tidak masalah ikan ini disatukan dengan jenis lain dengan catatan ikan tersebut ukurannya harus lebih besar daripada ukuran Channa Aurantimaculata karena ikan ini hanya fokus pada ikan kecil untuk dijadikan mangsanya.

Channa Aurantimaculata membutuhkan tanaman air yang mengambang agar merasa lebih aman.

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara di dalam akuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya. Aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotope dengan dominan tanaman berdaun besar, untuk pembuatan aquascape bisa hubungi Alamikan

Perawatan yang baik akan membuat ikan tidak mudah stress sebaiknya lengkapi peralatan akuarium anda saat merawat Channa. Peralatan yang di rekomendasikan aerator dengan filter undergravel.