Ikan Channa atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ikan gabus sejatinya adalah ikan yang dikonsumsi oleh manusia untuk mempercepat penyembuhan pada luka. Namun karena keindahan corak, warna, dan bintik pada ikan gabus ini menyebabkan ikan ini juga dijadikan sebagai ikan hias. Ikan ini bersifat teritorial dan agresif. 

Berikut adalah 7 Jenis Ikan Channa Hias Yang Populer di Indonesia 

1. Channa Limbata


Channa Limbata merupakan ikan asli dari perairan pulau Jawa. Ikan ini juga dapat ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini mampu tumbuh hingga panjang 20cm. Ikan ini memiliki badan berwarna hitam atau abu abu dan warna sirip berwarna biru dengan ujung siripnya berwarna kuning.

2. Channa Marulioides


Channa Marulioides berasal dari perairan pulau Kalimantan. 

Channa Maru terbagi menjadi 2 jenis yaitu Channa Maru Yellow Sentarum dan Channa Maru Red Sentarum. Nama Sentarum pada ikan ini berasal dari danau Sentarum dimana ikan ini ditemukan. Sedangkan Red dan Yellow merupakan warna utama pada bagian tubuh ikan.

Baca Juga : Cara merawat Ikan channa Maru

3. Channa Andrao


Channa Andrao merupakan ikan gabus yang berasal dari India. Nama Andao ini berasal dari nama Andrew Rao, seorang ahli ikan yang berasal dari India.

Channa Andrao merupakan ikan Channa dengan ukuran terkecil. Panjang maksimal ikan ini adalah 15Cm.

4. Channa Asiatica


Channa Asiatica berasal dari Negara China dan Vietnam.

Ikan ini memiliki sebutan lain yaitu Chinese Snakehead.

Ikan ini mampu tumbuh maksimal mencapai panjang 40cm.

5. Channa Aurantimaculata


Chana Auranti berasal dari negara India. Ikan ini memiliki sebutan lain Orange Spotted Snakehead. Panjang maksimal dari ikan ini adalah 40cm.

6. Channa Stewartii


Channa Stewartii berasal dari perairan negara India, Nepal, dn Bangladesh.

Ikan ini tumbuh mencapai panjang maksimal 25cm. Ikan ini ering kali disebut sebagai Channa Barca KW karena memiliki corak dan warna badan yang mirip.

7. Channa Pulchra


Channa Pulchra berasal dari Negara Myanmar. Ikan ini memiliki sebutan lain yaitu Peacock Snakehead. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang maksimal 30cm. Ikan ini memiliki badan berwarna abu abu kebiruan disertai bintik berwarna oranye.