Protozoa adalah organisme eukaryot uniselular berukuran mikroskopis yang umumnya memiliki inti yang jelas. Parasit ini memiliki bebarapa kelompok yang parasit pada ikan. Pada kondisi budidaya, spesies protozoa tertentu dapat menyebabkan penyakit yang menghasilkan mortalitas tinggi yang bedampak pada kerugian ekonomi yang cukup besar pada ikan air tawar maupun ikan air laut.

Diantara golongan parasit pada ikan air tawar, Ichthopthirius multifilis telah menyebabkan banyak masalah dalam budidaya ikan air tawar. Pada ikan air laut parasit Cryptocaryon irritans dan Amyloodinium ocellatum adalah parasit protozoa yang telah menimbulkan masalah masing-masing pada ikan kerapu dan ikan-ikan konsumsi maupun ikan akuarium air laut.

Cara Mengatasi Penyakit Amyloodinium ocellatum. 
  • Organ yang diserang adalah insang dan kulit. Ikan yang terinfeksi oleh parasit ini menunjukkan gejala berenang megap-megap di permukaan, muncul warna merah di sekeliling mulut, dan gejala anemia. Bahkan, jika terinfeksi berat, dapat berakibat kematian pada ikan.
  • Pencegahan dan pengobatan, yaitu dilakukan perendaman dengan formalin 200 ppm selama satu jam disertai aerasi kuat. 
  • Hal ini disebabkan penggunaan formalin dengan dosis tinggi dapat menurunkan kadar oksigen terlarut dalam air, selain ikan sangat sensitif terhadap formalin.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasan jenis penyakit yang tergolong dalam phylum parasit yang salah satunya penyakit Amyloodinium Ocellatum

Phylum parasit protozoa, mekanisme infeksi dan pengendalian parasit pada ikan dan udang 
PHYLUM SARCOMASTIGOPHORA 
Penyakit kulit dan insang ikan
Beberapa jenis parasit yang termasuk ke dalam phylum sarcomastogophora ordo dinoflagellida terlah menimbulkan masalah pada budidaya ikan, yaitu Amyloodinium ocellatum, Piscinoodinium, Crepidoodinium, Ichthyodinium dan Oodinioides. Umumnya parasit dinoflagellida ditemukan pada ekosistem akuatik dan banyak diantaranya merupakan endosymbiont pada invertebrata. Banyak dinoflagellata menghasilkan ichthyotoksin, yang dapat menyebabkan kematian massal pada ikan liar maupun ikan budidaya. 


1. Amyloodinium ocellatum 

Parasit ini adalah golongan dinoflagellata yang paling umum dan paling penting sebagai parasit pada ikan. Dapat menyebabkan morbid atau mortality pada ikan air laut maupun ikan air payau yang dibudidayakan di seluruh dunia. Parasit ini telah dilaporkan menyebabkan kematian sekitar 70 – 80% stok juvenil ikan striped bass di Missisipi, USA, dalam waktu kurang dari satu minggu. Parasit ini juga dikenal sebagai momok pada ikan-ikan akuarium air laut.

Parasit ini dapat menginfeksi ikan elasmobranch dan teleost. Saat ini telah dilaporkan lebih dari 100 spesies ikan telah terinfeksi. Ikan euryhaline seperti tilapia juga rentan terhadap parasit ini ketika dipelihara pada lingkungan payau. Parasit ini menyebabkan penyakit yang disebut Amyloodiniasis atau penyakit velvet.

Agen penyebab penyakit adalah Amyloodinium ocellatum. Parasit ini melekat pada jaringan inang dengan menggunakan stalk atau peduncle yang pendek dan pada bagian ujungnya terdapat rhizoid dan stomopode mirip tentakel yang dapat bergerak. Tropon dewasa dapat mencapai ukuran diameter 120 um.

Tanda-tanda klinis Amyloodinium ocellatum 
 Ikan yang terinfeksi berat tampak keruh bagian sisiknya (velvet) yang ditandai dengan adanya produksi mukus berlebihan.

Parasit juga ditemukan pada bagian insang. Ikan terinfeksi kadang-kadang menggosokkan badannya pada benda yang ada dalam wadah. Selain itu ikan juga berenang pada permukaan air dan tingkah laku berenang yang tidak normal serta malas bergerak meskipun dikagetkan.

Efek pada Inang Amyloodinium ocellatum 
 Parasit dapat menyebabkan morbidity dan mortality pada inang ikan air laut maupun ikan air payau. Infeksi berat dapat menyebabkan kematian dalam waktu setengah hari.

Perubahan histopathology yang tampak pada insang terinfeksi adalah terjadinya disintegrasi pada insang, hyperlasia epithel insang yang berat dan sel mukus berkurang atau tidak ada sama sekali. Efek pada inang kemungkinan diperparah oleh adanya toksin yang dapat dikeluarkan oleh golongan parasit ini

Morphology parasit dan siklus hidup Amyloodinium ocellatum 
Bentuk dewasa parasit ini adalah trophont pada kulit atau epithelium insang. Trophont memiliki stalk yang menonjol yang dilengkapi dengan holdfast yang membuat parasit dapat melekat pada jaringan inang dan menyerap nutrient dari inangnya. Trophont berbentuk seperti buah pear atau lonjong dan panjangnya bisa mencapai 350 µm, dindingnya terdiri atas selulosa yang mengandung theca.

Pada ujung bagian bawah melekat alat yang mengandung banyak rhizoid berbentuk fili, serta stomopode yang berfungsi untuk menyerap makanan. Setelah makan, trophont terlepas dari jaringan inang, melepaskan stomopode dan rhizoidnya membentuk tomon.

Pembelahan yang terjadi pada cysta tomon menghasilkan dinospore yang jumlahnya bisa mencapai 256. Dinospore memiliki panjang 8-13.5 µm dan lebar 10 – 12.5 µm. Dinospore memiliki flagella dan merupakan fase berenang aktif dari Amyloodnium. Setelah mencapai inang akan berubah menjadi fase trophont.

Parasit Nutrisi dan physiology Amyloodinium ocellatum 
Parasit memiliki rhizoid sebagai alat untuk melekat pada inang tetapi tidak berfungsi untuk menyerap makanan.

Stomopode mungkin sebagai sumber enzim pencernaan yang diinjeksikan pada sel inang atau dapat berfungsi sebagai tentake makanan yang mengumpulkan fragmen-fragmen sel yang menjadi rusak akibat aktivitas pergerakan dari rhizoid.

Parasit juga dapat menyerap nutrien dari lingkungannya. Untuk 
mempertahankan kehidupannya pada inang, parasit melakukan regulasi terhadap pertukaran ion dengan lingkungan, terutama ion K+ dan Na+

Diagnosis Amyloodinium ocellatum 
Pemeriksaan dengan mikroskop terhadap insang dan kulit ikan akan nampak adanya parasit yang berbentuk seperti buah pear.

Pencegahan dan kontrol Amyloodinium ocellatum 
Siklus hidup parasit ini memerlukan waktu satu minggu, dengan kapasitas reproduksi yang sangat tinggi, sehingga control terhadap parasit ini harus sesegera mungkin. Trophont dan tomon merupakan fase yang sangat resistant terhadap berbagai jenis obat-obatan dan bahan kimia.

Berikut cara pencegahan yang dapat dilakukan; gunakan saringan pasir dan radiasi ultraviolet sebelum air digunakan, lakukan disinfeksi terhadap fasilitas budidaya dengan pengapuran, lakukan karantina terhadap ikan baru, memandikan ikan terinfeksi pada air tawar, memberikan CuSO4 0.75 ppm selama 5 – 6 hari, formalin 25 ppm ditambah 0.1 ppm malachit green selam 1 hari, formalin 100 – 300 ppm selama 10 menit.

Baca Juga : Penyakit Ikan Hias

2. Piscinoodinium sp 
Morphology dan siklus hidup Piscinoodinium sp 
Parasit ini memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan Amyloodinium sp. Menimbulkan masalah pada ikan air tawar. Banyak ikan-ikan tropis sangat rentan terhadap parasit ini, dimana ikan anabantin, cyprinid dan cyprinodontid seringkali terinfeksi. Bentuk tropohont parasit ini mirip dengan trophont pada Amyloodinium, berwarna kuning kehijauan, pyriform dan berukuran 12 X 96 µm. Berbentuk bulat saat dewasa.  Siklus hidup parasit ini mirip dengan Amyloodinium, kecuali waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan siklus hidupnya lebih lama yaitu berkisar 10 – 14 hari pada kondisi optimal. 
Tanda-tanda klinis Piscinoodinium sp 
Menyebabkan penyakit yang disebut velvet air tawar, rust disease, gold dust disease, pillularis disease dan penyakit Oodinium air tawar. Menginfeksi bagian kulit dan insang, tanda-tanda klinis sama dengan Amyloodiniosis, kecuali bahwa ikan dapat menahan infeksi yang lebih berat. Parasit lebih pathogen pada ikan kecil, dan dapat masti dalam waktu 1 – 2 minggu, sedangkan ikan besar dapat menahan infeksi selama berbulan-bulan. Infeksi berat menyebabkan produksi mukus berlebihan, warna kulit menjadi gelap, dyspnoea, anorexia dan depresi. Secara histopathology tampak adanya kerusakan pada epithelium dan hyperplasia berat pada filamen insang. Degenerasi dan nekrosis mungkin terjadi. 
Nutrisi dan physiology Piscinoodinium sp 
Adanya chloproplast dan tidak adanya vakuola makanan pada parasit menunjukkan bahwa nutrisi parasit ini diperoleh dari proses photosyntesis. Namun demikian adanya organel pelekatan pada inang juga menunjukkan bahwa parasit ini dapat memperoleh nutrisi dari inangnya, dengan cara osmotrophy melalui rhizocyst. 
Diagnosis Piscinoodinium sp 
Parasit pada kulit ikan dapat dilihat secara visual dengan memberikan pencahayaan tidak langsung yaitu cara menyalakan lampu pada bagian atas ikan dalam ruang gelap, atau mengamati ikan dengan latar belakang yang berwarna gelap.

Pengamatan secara klinis dapat dilihat dengan adanya velvet, pengamatan mikroskopis untuk melihat adanya trophont atau tomont. 

Pencegahan Piscinoodinium sp 
 Menaikkan suhu mencapai 33 – 34 oC dapat mengatasi perkembangan parasit, merendam dalam larutan methylene blue 3 ppm selama 10 hari. 


3. Ichthyobodoosis
Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 

Agen penyebab Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Agen penyebab adalah ektoparasit Ichthyobodo necator (synonim Costia necatrix). Penyakit ini dulu dikenal dengan nama costiasis. Parasit ini menginfeksi sirip punggung dan ujung lamella sekunder insang. 
Distribusi geografis dan kisaran inang Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Parasit menyebar di seluruh dunia dan tidak memiliki inang spesifik. Parasit ini merupakan parasit penting pada ikan salmon dan ikan mas (cyprinid) di pembenihan ketika ikan dipelihara dalam jumlah yang besar. 
Morphology dan siklus hidup Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Tahap berenang bebas parasit berbentuk lonjong atau bulat dan berukuran 5 – 18 µm X 3 – 8 µm. Berkembang dengan cara pembelahan biner dan memiliki 4 buah flagella. Melekat pada sel inang dengan bagian tubuhnya yang runcing dan memakan seldebris dan mukus inang. Infeksi terjadi ketika parasit yang berenang bebas mencapai inang.

Flagella berfungsi untuk seleksi lokasi infeksi dan ventral flat disc untuk melekat. Parasit berkembang dengan cara pembelahan biner longitudinal. Fase berenang bebas parasit umum ditemukan pada perairan dan jumlahnya dapat menjadi banyak jika kondisi lingkungan memungkinkan dan ikan bisa terinfeksi berat 1 – 2 minggu setelah infeksi. Bentuk berenang bebas dan parasit diduga membentuk cysta pada kondisi lingkungan yang jelek dan cysta pada air dapat menjadi sumber infeksi. 
Efek pada inang Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Parasit tidak memiliki inang spesifik, ikan yang kurang mendapatkan makanan dan ikan kecil lebih rentan dibanding ikan dewasa yang sehat.

Kematian dapat mencapai 73% akibat infeksi. Outbreak dan infeksi pada cyprinid menjadi jauh lebih buruk ketika ikan terinfeksi dari tanki outdoor dipindahkan ke tanki indoor, akibat stress dan suhu tinggi pada indoor yang memudahkan parasit berkembang dengan cepat. 
Tanda-tanda klinis Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Ikan yang terinfeksi ringan kemungkinan akan berguling di dala air dan menggosokkan badannya pada benda atau dinding kolam, akibat adanya iritasi pada organ terinfeksi. Ikan terinfeksi berat biasanya mengalami anorexic, dan malas.

Tampakadanya bintik pada bagian tubuh dan bintik ini bergabung membentuk lapisan tipis berwarna abu-abu pada sirip dan permukaan tubuh. Biasanya insang membengkak dan terjadinya produksi mukus berlebihan dan sirip rusak. Sel goblet pada epidermis insang seringkali tidak nampak pada inang yang terinfeksi berat. 
Diagnosis Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Infeksi oleh parasit ini dikonfirmasi dengan memeriksa mukus dari insang dan permukaan tubuh untuk mengetahui ada tidaknya flagellata pada mikroskop. Parasit agak mudah rusak dan seringkali hancur saat pewarnaan. debris dan mukus inang. Infeksi terjadi ketika parasit yang berenang bebas mencapai inang.

Flagella berfungsi untuk seleksi lokasi infeksi dan ventral flat disc untuk melekat. Parasit berkembang dengan cara pembelahan biner longitudinal. Fase berenang bebas parasit umum ditemukan pada perairan dan jumlahnya dapat menjadi banyak jika kondisi lingkungan memungkinkan dan ikan bisa terinfeksi berat 1 – 2 minggu setelah infeksi.

Bentuk berenang bebas dan parasit diduga membentuk cysta pada kondisi lingkungan yang jelek dan cysta pada air dapat menjadi sumber infeksi. 
Efek pada inang Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Parasit tidak memiliki inang spesifik, ikan yang kurang mendapatkan makanan dan ikan kecil lebih rentan dibanding ikan dewasa yang sehat. Kematian dapat mencapai 73% akibat infeksi.

Outbreak dan infeksi pada cyprinid menjadi jauh lebih buruk ketika ikan terinfeksi dari tanki outdoor dipindahkan ke tanki indoor, akibat stress dan suhu tinggi pada indoor yang memudahkan parasit berkembang dengan cepat. 
Tanda-tanda klinis Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Ikan yang terinfeksi ringan kemungkinan akan berguling di dala air dan menggosokkan badannya pada benda atau dinding kolam, akibat adanya iritasi pada organ terinfeksi. Ikan terinfeksi berat biasanya mengalami anorexic, dan malas.

Tampak adanya bintik pada bagian tubuh dan bintik ini bergabung membentuk lapisan tipis berwarna abu-abu pada sirip dan permukaan tubuh. Biasanya insang membengkak dan terjadinya produksi mukus berlebihan dan sirip rusak. Sel goblet pada epidermis insang seringkali tidak nampak pada inang yang terinfeksi berat. 
Diagnosis Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Infeksi oleh parasit ini dikonfirmasi dengan memeriksa mukus dari insang dan permukaan tubuh untuk mengetahui ada tidaknya flagellata pada mikroskop. Parasit agak mudah rusak dan seringkali hancur saat pewarnaan.

Kontrol parasit Ichthyobodoosis pada ikan air tawar 
Parasit dapat dikontrol dengan menggunakan formalin dengan cara pembilasan 166 ppm selama 1 jam. Treatmen pada formalin (1 : 6000) selama 1 jam sangat efektif. Malachete green (1 : 300.000 sampai 1 : 400.000) selama 40 – 60 menit juga dapat diterapkan. 


Ichthyobodoosis pada ikan laut 

Distribusi geografis dan kisaran inang Ichthyobodoosis pada ikan laut 
Ichthyobodo sp ditemukan pada smolt ikan salmon di laut dan pada ikan sebelah dari skotlandia, winter flounder dari Nefoundland dan Japanese flounder di Jepang. Ichthyobodo yang ditemukan pada ikan air tawar berukuran lebih besar dibanding dengan Ichthyobodo yang hidup di laut. 

Tanda klinis dan pathology Ichthyobodoosis pada ikan laut 
Parasit menyebabkan kematian tinggi pada jevenik ikan flounder di pembenihan di Jepang.Parasit terutama menginfeksi adanya lapisan berwarna keabuabuan pada permukan tubuh dan erosi pada sirip. Terjadi hyperplasia pada epidermis dimana sel goblet sama sekali hilang.


4. Cryptobiosis 
Cryptobia menginfeksi dan menyebabkan penyakit pada banyak spesies ikan air tawar dan ikan air laut. Parasit ini memiliki distribusi geografis yang cukup luas. Ektoparasit (terdiri dari 5 spesies) hidup pada permukaan tubuh atau melekat pada insang dan permukaan tubuh, sedangkan endoparasit (7 spesies) hidup pada darah atau pada saluran pencernaan inang. 


Cryptobiosis pada ikan air tawar 
C. branchialis, C. Iubilans, C. salmositica dan C. borreli adalah pathogen pada ikan air tawar. C. branchialis adalah ektoparasit, sedangkan C. iubilans hidup pada rongga pencernaan.

Kedua patogen in menyebar secara langsung antara ikan. C. salmositica tidak hanya dapat menyebar secara tidak langsung melalui lintah, tetapi juga dapat menyebar tanpa perantaraan lintah. C. borreli memerlukan lintah untuk 
penyebaran secara tidak langsung.

Morphology parasit Cryptobiosis pada ikan air tawar 
C. branchialis berukuran panjang 14 – 23 µm dan lebar 3.5 – 6.0 µm, flagellum anterior 7.7 – 11 µm, flagellum posterior 10 – 15 µm. Tahap extracelular C. iubilans berbentuk oval sampai memanjang, panjang 5.5 – 12.5 µm, lebar 3.5 – 5.5 µm. C. salmositica memanjang, panjang 14.9 (6.0 – 25.0) µm, lebar 2.5 (1.3 – 4.0) µm. 

Penyebaran parasit Cryptobiosis pada ikan air tawar 
Secara langsung 
Ektoparasit C. branchialis terlepas dari insang ikan dan menjadi bebas dalam kolom air, kemudian terbawa air melalui mulut dan parasit ini melengket pada filamen insang.  C. salmositica tidak hanya menyebar melalui lintah tetapi juga dapat menyebar tanpa perantaraan lintah.

Penyebaran dapat terjadi secara langsung melalui kontak antar ikan, atau mukus yang mengandung parasit dan terlepas ke dalam kolom air dapat menyebar ke ikan lainnnya bila bersentuhan dengan mukus tersebut. Parasit masuk ke dalam tubuh inang melalui lukan atau secara aktif melakukan penetrasi terhadap epithel insang. 
Secara tidak langsung 
Parasit berkembang biak dalam tubuh lintah dan parasit pada lintah bersifat infektif pada ikan. Sejumlah besar parasit terakumulasi dalam tubuh lintah dan disebarkan pada inang ketika lintah makan/mengisap darah inang.

Diagnosis Cryptobiosis pada ikan air tawar 
Tanda-tanda klinis seperti anorexia, exopthalmia, pembengkakan perut dapat digunakan sebagai diagnosa awal. Parasit dapat dideteksi dengan mudah dengan teknik siapan basah (wet mount) pada infeksi akut.

Sampel segar diambil dari insang, mukus, organ dalam, darah diambil dari ikan hidup atau baru mati dan diperiksa dibawah mikroskop medan terang atau phase kontras. Untuk konfirmasi identifikasi, smear kering udara parasit difiksasi pada ethanol 100% dan pada buffered formalin, diwarnai dengan pewarnaan giemsa dan diperiksa di bawah mikroskop menggunakan oil immersi. 
Cryptobiosis pada ikan air laut 
C. bullocki menyebabkan penyakit dan kematian pada ikan air laut. Parasit menyebar melalui lintah. Prosedur diagnosa untuk deteksi yang digunakan pada C. salmositica dapat digunakan untuk C. bullocki. 
Morphology parasit Cryptobiosis pada ikan air laut 
Spesimen kering udara C. bullocki memiliki panjang 17.6 (12.5 – 23.1) µm, lebar 2.7 (1.2 – 4.5) µm. Flagellum anterior 13.1 (8.3 – 19.1) µm, flagellum posterior 8.5 (4.4 – 15.7) µm. 
Tanda klinis dan pathology Cryptobiosis pada ikan air laut 
Tanda klinis seperti anaemia, exopthalmia, pembesaran perut, lambat bergerak. Terjadi nekrosis pada hati dan limpa ikan. Terjadi luka-luka ulcer dan hemarhage pada rongga perut, oedema, haemorhage dan nekrosis pada usus dan juga oedema pada lambung. Terjadi kerusakan pada glomeruli dan ada luka pada ginjal ikan.

TRYPANOSOMOSIS 
Trypanosoma adalah haemoflagellata dan biasanya memiliki flagellum bebas pada ujung bagian anterior. Parasit ini selalu menyebar lewat perantaraan lintah. Parasit tidak bersifat inang spesifik.


Semoga Bermanfaat