sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » Tanaman Air Untuk Budidaya Ikan Hias

Tulisan sebelumnya membahas tentang kegunaan Tanaman budidaya azolla untuk makanan ikan, Sekarang kegunaan tanaman untuk pendukung budidaya ikan hias. Ada 2 kelompok tanaman yang dipakai untu budidaya ikan Hias yaitu 
  • Tanaman tumbuh mengapung dan tanaman tumbuh didasar. Tanaman mengapung misalnya enceng gondok (Eishornia crassipes), kubis-kubisan (Pistia stratioes), dan mata lele (Lemna minor). 
Tanaman tumbuh mengapung dan tanaman tumbuh didasar. Tanaman mengapung misalnya enceng gondok (Eishornia crassipes), kubis-kubisan (Pistia stratioes), dan mata lele (Lemna minor).

  • Tanaman tumbuh didasar dibagi atas tanaman berdaun jarum atau pita seperti Vallisnera spiralis dan Myriophyllum mattogrossense, tanaman berdaun lebar seperti Dracena variegata, Echinodorus micheli dan Macrosorium pteropus, serta tanaman bercabang seperti ganggang (Hydrilla verticillata). Jenis tanaman ini biasanya dapat digunakan sebagai tanaman aquascape

Tanaman tumbuh mengapung dan tanaman tumbuh didasar. Tanaman mengapung misalnya enceng gondok (Eishornia crassipes), kubis-kubisan (Pistia stratioes), dan mata lele (Lemna minor).
Beberapa jenis tanaman air tersebut merupakan tanaman air hias yang digunakan pada penataan akuarium. Oleh karenanya, nilai ekonomi tanaman air hias tersebut menjadi cukup bagus, bahkan tidak jarang tanaman air ini diekspor. Untuk perkolaman, biasanya petani mengunakan tanaman air yang kuat dan mudah diperoleh seperti enceng gondok, kubis-kubis an dan ganggang.

Manfaat Penggunaan tanaman air untuk ikan hias yang dipelihara antara lain:
  • Sebagai pelindung ikan dari terik matahari
  • Sebagai persembunyian anakan
  • sebagai sarang atau tempat menempelnya telur
  • Selain memiliki manfaat bagi ikan, tanaman air pun dapat memberikan pengaruh negatif pada ikan, antara lain:
  • Sebagai tempat berkembang biaknya capung sehingga larvanya dapat menjadi hama larva ikan
  • Sebagai tempat menempel atau bersembunyinya mikroorganisme atau bibit penyakit 
Akibat Terlalu banyak tanaman air dalam kolam
  • Dapat mengurangi kadar oksigen, terutama tanaman mengapung
  • Jumlah tanaman air dianjurkan tidak boleh lebih dari sepertiga luasan wadah. Dengan 
  • Luasan tersebut menjadikan cara ini akan terdapat cukup ruang untuk pertukaran udara dan mengurangi daerah perkembangbiakan bibit penyakit. 
  • Agar terbebas dari bibit penyakit, kebersihan tanaman air sebelum digunakan perlu diperhatikan. Caranya ialah tanaman air, terutama akarnya, dicuci bersih dengan air atau direndam sekitar 1-2 jam dalam larutan PK.
Eceng gondok memiliki banyak manfaat, karena tanaman air ini cocok untuk tempat pemijahan ikan atau tempat beranak ikan, terutama pada ikan ikan kecil, eceng gondok juga berfungsi sebagai peneduh kolam air adapula eceng gondok dibuat sebagai kerajinan tangan.

 eceng gondok dibuat sebagai kerajinan tangan.

Eceng gondok memiliki banyak manfaat, karena tanaman air ini cocok untuk tempat pemijahan ikan atau tempat beranak ikan, terutama pada ikan ikan kecil, eceng gondok juga berfungsi sebagai peneduh kolam air adapula eceng gondok dibuat sebagai kerajinan tangan. Aplikasi penggunaan eceng gondok sangat banyak terutama bagi peternak ikan maupun penghobi ikan.


Semoga Bermanfaat

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply