Moss merupakan tanaman favorit para penghobi aquascape Indonesia, Selain harganya yang murah Moss juga dapat digunakan dimana aja, Moss dapat digunakan di Batu di kayu maupun di atas substrat.

Biasa Moss menjadi tanaman for ground dan juga midground. jadi bentuk dari Moss juga sangat indah sangat sesuai apabila diaplikasikan ke tank dengan tema yang natural.

Moss dapat menambahkan suasana natural di dalam tank kalian. Moss ini adalah tanaman aquascape yang mudah dirawat, Moss bisa hidup di kadar co2 yang rendah sehingga tanaman ini tuh sangat digemari pemula yang baru mulai Aquascape.

Salah satu masalah pada Moss

- Moss coklat atau menguning, jadi kitab cari tahu dulu itu yang pertama itu penyebab Moss menguning, jadi meskipun Mouse ini mudah dirawat kemudian tidak butuh CO2 dan cahaya yang tinggi akan tetapi Moss ini memiliki daya adaptasi yang cukup rendah, sehingga mengakibatkan Moss gampang menguning atau cokelat.

- Moss kuning yang pertama perbedaan suhu kemudian parameter air.  Cek pembelian Moss apakah masih daun darat, jadi jika Moss ditempatkan di tempat yang baru dengan suhu dan parameter air yang berbeda Moss akan kesulitan untuk beradaptasi sehingga akan menguning atau coklat dan bisa juga mati Selain itu jika Moss masih daun darat lalu tiba-tiba dimasukkan ke Aquascape. Daun darat tersebut akan menguning namun jika bisa beradaptasi Moss akan keluar Tunas baru dengan warna yang hijau segar.

- Moss yang menguning itu diakibatkan karena adaptasi atau nggak cocok dengan lingkungan yang baru. kalau kalian masih kurang paham jadi saya contohkan sederhananya aja jadi misalnya kalian berada di Jakarta lalu kalian memesan Moss yang berasal dari Bogor, tentunya suhu dan airnya itu berbeda banget. antara Bogor dan Jakarta jadi suhu di Bogor jauh lebih dingin dibanding di Jakarta. Selain itu parameter air pasti berbeda antara Bogor dan juga Jakarta, perbedaan antara suhu dan parameter air inilah yang bisa membuat Moss menguning atau coklat. 

- Kalian itu rumahnya di Bogor dan beli Moss juga sama-sama di Bogor agar suhu dan parameter airnya itu hampir sama. Atau anda bisa cek lokasi penjualnya apakah ada di daaran rendah (misal kota) atau di dataran tinggi (perbukitan). Contohnya anda beli moss di kota cirebon dikirim ke kota tegal. Jadi pilihnya penjual yang sudah profesional dalam menyimpan dan mengadaptasikan mossnya. 

Solusi Menumbuhkan moss dengan Baik :

- Solusi buat MOSs yang menguning gitu pertama itu belilah Mouse di toko Aquascape yang paling dekat dengan rumah kalian. Harapannya suhu dan parameter airnya itu sama Sehingga adaptasi Moss akan lebih cepat dan lebih berhasil. 

- Solusi kedua itu tambahkan kipas untuk aquascapenya agar suhu itu tetap adem karena mah suka suhu itu ya di bawah 28° Celcius gitu ya jangan sampai suhunya 30 ke atas gitu karena ya tahu sendirilah akibatnya.

- Solusi ketiga itu gunakan sumber air yang baik jangan gunakan air PAM ya karena parameter nya itu ya pasti berbeda dengan seller, Karena Moss biasanya didapatkan di daerah air sungai dan mata air. 

- solusi keempat selalu penuhi kebutuhannya yaitu cahaya CO2 kemudian nutrisi yang optimal gitu 

Sekian terima kasih, untuk mendapatkan moss silakan hubungi alam Ikan, berlokasi di kota tegal.