Masalah yang biasanya akan muncul di dalam aquascape seperti Diatom, alga hijau, Alga hitam, Hydra, lumut, kerak, panaria, daun berlubang dan keong hama.

Pembahasan masalah-masalah diatas mulai dari :

  • - masalah pertama yang muncul saat baru setting Aquascape, akan saya bahas satu persatu yang pertama masalah diatom atau alga coklat diatom atau alga coklat adalah masalah pertama yang akan muncul saat pertama membuat aquascape diatom akan tumbuh di kaca akuarium dan daun tanaman hingga membuat permukaan nya nampak coklat kekuningan.  kemunculan karena media pasir yang banyak mengandung silika semakin banyak pasir yang digunakan akan semakin banyak yang muncul.
  • Masalah yang umum sekali menyerang Aquascape untuk mengatasinya sebenarnya mudah karena diatom akan hilang sendiri setelah satu atau dua bulan diatom akan semakin cepat hilang dengan memelihara algaiter yang akan memakan diatom tersebut. Algaeter yang saya sarankan adalah jenis Chinese algaeter atau lemon algae Eater.
  • - masalah alga hijau, alga hijau akan muncul tumbuh pada semua permukaan dalam akuarium dapat tumbuh sebagai Alga rambut yang menempel maupun yang mengambang di air alga hijau muncul karena kadar karbondioksida yang rendah dalam Aquascape Selain itu alga hijau juga akan tumbuh subur karena banyaknya kotoran ikan dalam akuarium alga hijau dapat dibersihkan secara manual dengan mengelap menggunakan busa maupun dengan bantuan dari algae eater. ada banyak jenis algae eater yang akan memakan alga hijau mulai dari CAE,SAE, flying fox, algaiter, keong tanduk, ikan guppy, ikan molly dan lain-lain.
  • - masalah Alga hitam agar hitam bentuknya seperti rambut-rambut halus yang warnanya hitam dan menempel di ujung pun maupun pasir namun biasanya tidak tumbuh di kaca akuarium Alga ini dapat tumbuh subur karena kadar karbondioksida yang rendah dan banyaknya sampah kotoran ikan untuk mengatasi masalah tersebut saya sarankan memelihara flying fox,SAE algaeter yang sangat doyan memakan Alga hitam ini.
  • -  masalah Hydra adalah hewan kecil yang memiliki tentakel bersemangat seperti ubur-ubur Hydra akan menempel di kaca dan daun-daun dalam Aquascape hewan ini dapat muncul karena banyaknya bakteri yang tumbuh di air disebabkan banyaknya kotoran ikan dalam Aquascape.walaupun tidak membahayakan ikan dewasa namun hewan ini dapat menyengat anak ikan yang baru menetas dan membuatnya mati Hydra dapat dibasmi dengan melihara ikan pemakan Hydra seperti sempat hias, ikan molly. Jenis yang lebih baik saya sarankan memakai ikan sepat hias atau chord gurame karena lebih efektif daripada ikan lain.
  • - masalah berikutnya adalah lumut kerak,lumut kerak adalah jenis Alga yang biasanya tumbuh di kaca akuarium Alga ini bentuknya mirip seperti bercak yang menempel kuat di kaca agak ini sangat sulit dibersihkan secara manual dengan mengelapnya karena menempel sangat kuat di kaca untuk membersihkannya secara manual harus menggunakan benda tajam seperti pisau cutter untuk hewan yang lain yang dapat membersihkan lumut kerak adalah keong tanduk, turbo, bawang, balon. namun kerja dari keong sangat lambat jadi jangan mengharap lumut kerak hilang dalam sekejap saya sarankan membersihkan lumut kerak dengan menggunakan pisau cutter karena cara ini sangat cepat dan efektif membersihkan lumut kerak.
  • - masalah cacing planaria, planaria adalah cacing kecil yang panjangnya hanya beberapa milimeter hingga satu sentimeter saja cacing ini akan muncul saat Aquascape sudah matang dan seimbang cacing ini dapat muncul karena telur cacing terbawa pada tanaman air yang ditanam dalam aquascape.  aquascape yang baru dibuat biasanya tidak akan diserang planaria dia baru muncul banyak Setelah Aquascape berusia sekitar 10 bulan atau lebih. cacing ini merupakan pemakan bangkai yang akan memakan sisa-sisa hewan yang telah mati cacing ini juga akan memakan sampah organik dalam Aquascape. cacing ini sebenarnya tidak berbahaya bagi hewan karena tidak akan memakan hewan yang masih hidup namun cacing ini Dapat memakan telur ikan sehingga membuat telur tersebut gagal menetas. cara mengatasi planaria dapat dilakukan dengan menggunakan jebakan planaria jebakan planaria dapat dibuat dengan Nyalakan botol plastik bekas yang dilubangi di bagian sampingnya dengan botol plastik diberi daging atau cacing kering kemudian botol tersebut dimasukkan ke dalam Aquascape beberapa jam kemudian planaria akan tertarik dan masuk ke dalam botol tersebut setelah banyak benar ya yang masuk kemudian botol tersebut diambil dan planaria yang diperoleh bisa dibuang.
  • - berikutnya adalah masalah daun berlubang pada tanaman air daun berlubang ini muncul bukan karena dimakan keong atau hewan lain Namun karena kurangnya kalsium pada media Aquascape tersebut masalah ini umumnya muncul pada tanaman yang berdaun tebal seperti berbagai jenis anubias untuk mengatasinya mudah hanya dengan menambahkan pupuk yang mengandung kalsium atau dengan menaruh sedikit karangjahe di media tanam Aquascape. Karang jahe lebih banyak kalsium dan akan terurai sedikit demi sedikit di Aquascape kalsium yang terurai dari karangjahe ini akan diserap oleh tanaman sehingga membuat tanaman tidak akan kekurangan kalsium. 
  • - masalah keong hama keong atau siput memang akan membersihkan Alga di Aquascape tapi kalau jumlahnya berlebihan justru dapat menjadi hama dan merusak tanaman air kitab keong yang biasa menjadi hama adalah jenis keong sungai (sawah) yang berukuran kecil karena keong ini kadang terbawa pada tanaman air yang baru dibeli dan kali akan berkembang biak dengan cepat dan jumlahnya berlipat ganda dalam Aquascape untuk mengatasi.  hama dapat dilakukan dengan mengambil secara manual atau dijebak menggunakan timun yang diletakkan dalam Aquascape ikan yang dapat memakan keong sungai. hewan yang dapat memakan keong hama jenis buntal air tawar namun ikan ini akan memakan udang hias yang dipelihara dalam Aquascape untungnya keong tanduk atau neurit snail yang biasa digunakan untuk membersihkan Alga tidak dapat berkembangbiak dalam air tawar jadi dia tidak akan menjadi hama dalam Aquascape.

Jadi begitu cara mengatasi beberapa masalah yang kerap menyerang Aquascape kita. untuk mendapatkan tanaman, keong, ikan aquascape bisa kontak ALAM IKAN TEGAL. semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang memulai hobi aquascape.