Batu yang biasa dipakai di dalam Aquascape jadi betul merupakan salah satu hardscape yang banyak dicari aquaScaper untuk membuat berbagai macam tema Aquascape ya karena batu yang unik serta dapat diaplikasikan untuk berbagai tema atau style di dalam Aquascape menggunakan batu di Aquascape sifatnya emang enggak mutlak atau wAjib.


Bahkan tema seperti dutchstyle pun rata-rata enggak pakai batu sama sekali. Batu-batuan sangat dibutuhkan apabila kalian tuh membuat tema-tema seperti tema natural cuma gunung, Tema air terjun atau tema lainnya yang pakai batu.  Kemudian penggunaan batu ini sebenarnya bebas kalian bisa menggunakan batu jenis apa aja asalkan si batunya ini enggak ngerusak atau merubah parameter air misalnya kayak batu kapur sebaiknya kalian jangan pakai batu yang kayak gini, maksudnya batu ini takutnya akan merubah parameter air. 

Batu di Aquascape kali ini saya ingin share kepada kalian mengenai jenis-jenis batu Aquascape yang terbaik dan beberapa harganya yang ada di pasaran.

Perhatian harga bisa saja berbeda dengan yang saya share disini dengan harga yang di toko-toko sebenarnya yang ditetapkan.

- lava Rock, lava rock merupakan batu yang paling laris dan paling sering digunakan serta paling murah diantara batu-batu yang lainnya yang dijual di toko gitu ya lava Rock memiliki ciri-ciri berwarna ada merah dan ada yang coklat ataupun kehitaman dan memiliki Pori yang lumayan banyak. 

Batu ini dihasilkan dari gunung berapi jenis batu ini banyak digunakan karena mudah didapat dan murah sekali, beratnya yang tergolong ringan membuat Satu kilonya aja itu udah bisa dapet ukuran yang lumayan gede gitu Selain itu batu Ini juga bagus digunakan untuk tema natural maupun tema waterfall meskipun batu ini sering diremehkan dan ya karena bentuknya yang jarang disukai oleh para aquaScaper namun jangan salah batu ini juga bisa menjadi pendukung pemandangan yang bagus gitu ya di dalam Aquascape. Harganya kisaran antara harga 5000-10000 perkilogram 

- Batu Erlangga jenis batu Aquascape atau batu rantai ini merupakan batu yang cukup murah namun bentuknya bagus Kenapa bagus karena batu ini agak mirip dengan seryu  tapi ini yang versi murahnya kemudian batu Erlangga Kenapa banyak digemari para aquaScaper ya karena murah dan bentuknya yang bagus sangat cocok untuk kalian yang ingin bikin tema iwagumi.

Batu ini kepadatan yang lumayan sehingga lumayan berat kita cukup berat Selain itu batu Ini juga enggak memiliki Polri seperti batu lava Rock warnanya abu-abu agak kebiruan sedikit sehingga enak untuk dilihat banyak sekali desain Aquascape yang bisa kalian buat menggunakan batu ini. terutama yang full bebatuan akan sangat cantik dan menarik menggunakan batu yang satu ini. Harganya batu Erlangga itu di pasaran kisaran antara harga 7000 sampai 20.000 perkilogram.

- batu serpentin harga batu serpentine ini batu ini cukup disukai oleh para penghobi Aquascape batu serpentin ini memiliki bentuk yang simple teksturnya sederhana namun memiliki corak yang menarik batu ini berwarna abu-abu biru and atau kehijau-hijauan gitu ya namun jika sudah masuk ke dalam Aquascape batu ini akan berwarna lebih gelap kadang ada yang warnanya gelap batu tersebut sering disebut Black serpentine gitu nah harga Darui batu ini cukup murah tapi agak jarang juga ditemukan di toko-toko aquascape Hai harganya itu eh buat batu serpentine itu ya itu harganya kisaran antara 10000-15000 per kg 

- Batu Kreket mirip dengan erangga dan sepentine hanya saja ini bentuk corak nya sortiran terbaik dengan corak yang keren

- Batu turly memiliki bentuk hampir mirip seperti bebatuan kali dengan warna lebih gelap tetapi bercorak ektetik dan keren, batu ini dominal berbentuk bulat dan kotak, sangat cocok untuk berbagai tema pegunungan dan perbukitan.

- batu fosil ini batu fosil ini sebenarnya bukanlah jenis batuan tapi orang pada umumnya menyebut benda ini seperti batu fosil jadi fosil ini berasal dari tanaman terutama batangnya yang terkubur sejak zaman dahulu yang terproses sedemikian rupa secara alami hingga membuat fosilnya mengeras seperti batu fosil ini memiliki warna coklat bentuknya memanjang dan berserat nah bentuk dan seratnya inilah yang sering digunakan Aquascape tema mountainstall gitu ya Nah untuk harganya sendiri batu fosil itu kisaran harga antara 8000 sampai Rp10.000 perkilogramnya

- Batu kali Jika di rumah kalian tuh dekat dengan sungai atau kali beruntunglah kalian ya kalian dapat menemukan hardscape batu secara gratis tis tinggal masukin karung aja gitu ya lalu bau balik rumah pakai gitu nah siapa sih yang gak tahu batu kali itu gan bentuknya bulat warnanya mulai dari yang item abu-abu atau kecoklatan gitu ya ini cocok banget buat bikin Aquascape tanpa merogoh kocek yang lumayan dalam gitu ya jadi batu ini bisa kalian gunakan untuk berbagai macam tema bisanya iwagumi kemudian natural. pokoknya batu ini gratis dan fleksibel itu kemudian yang kesembilan itu ada batu besi batu besi ini menjadi favorit para aquaScaper yang ingin membuat aquascape mountain style atau Aquascape lain yang ala-ala Bukit harganya sendiri harga batu besi itu kisaran harga antara 10000-15000 perkilogramnya 

- batupasir salah satu hardscape batuk favorit para aquaScaper saat membuat aquascape yaitu batupasir batupasir memiliki warna coklat pasir pantai gitu bentuk dan teksturnya memiliki pola yang searah sehingga cocok untuk membuat tebing-tebing di Aquascape serta untuk tema-tema yang membutuhkan batu-batu model begini. Selain itu batu ini cocok untuk membuat tebing-tebing yang bawahnya runcing sehingga mirip seperti tebing-tebing di Dunia Khayalan. Harganya sendiri batupasir itu kisaran harga antara 8000 sampai 15000 per kilogramnya.

kalau kalian butuh batu tersebut hubungi kontak ALAM IKAN TEGAL, kurang lebihnya saya mohon maaf terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh