Arwana merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang digemari oleh banyak orang Indonesia. Ikan ini digemari karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Ikan arwana termasuk ikan yang sulit ditemukan dan membutuhkan perawatan yang khusus. 

Mitosnya ikan arwana dapat mendatangkan keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Di pasaran mungkin kalian menemukan beragam jenis ikan arwana sehingga bingung ingin membeli ikan yang mana.

Berikut adalah 7 Jenis Ikan Arwana Terpopuler Untuk Dipelihara

1. Red Tail Golden



Ikan ini merupakan ikan arwana asli dari Indonesia tepatnya di daerah Pekanbaru, Riau dan beberapa wilayah Sumatera lainnya. Ikan ini memiliki sifat agresif sehingga sulit untuk ditangkap. Karakteristik ikan ini adalah memiliki warna yang indah, mulai dari biru, hijau, hingga keemasan. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 90cm.

2. Arwana Brazil



Ikan ini merupakan salah satu jenis arwana yang mudah ditemukan di Indonesia. Ikan ini memiliki keunikan yaitu kemampuan melompat tinggi untuk menangkap mangsanya. Arwana Brazil dapat tumbuh mencapai panjang 1 meter.

3. Arwana Banjar



Arwana Banjar memiliki ciri khas yaitu siripnya yang berwarna oranye terang dengan ekor yang berwarna kuning keemasan. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 90cm dan terkenal sangat aktif. Jika ingin memelihara ikan ini usahakan menggunakan akuarium akrilik atau kaca dengan ukuran besar.

4. Arwana Black Golden


Ikan ini berasal dari Penang, Malaysia. Ikan ini memiliki perpaduan warna antara emas dan hitam pada sisiknya. Ikan ini termasuk jenis arwana termahal di pasaran dengan harga kisaran Rp18.000.000

5. Arwana Super Red



Arwana Super Red berasal dari Indonesia tepatnya di sungai Kapuas, Kalimantan Selatan. Ikan ini memiliki warna merah tajam yang sangat unik dan berbeda dari yang lain. Di pasaran ikan ini dijual dengan harga kisaran Rp2.000.000 – Rp48.000.000 .

6. Arwana Cross Back Golden



Ikan ini berasal dai daerah Perak, Tyrengganu, danau Bukit Merah, dan Johor, Malaysia. Ikan ini terlihat dangat menawan karena keberadaan warna emas dibagian punggungnya. Ikan ini cukup sulit ditemukan, sehingga harganya bisa mencapai Rp18.000.000 .

7. Arwana Jardini



Ikan ini berasal dari Australia dan Papua. Terlihat mirip dengan arwana Asia, namun ikan ini terlihat lebih kuning keemasan. Ikan ini termasuk ikan arwana besar karena dapat tumbuh mencapai panjang 90cm dengan berat 17kg.