Kayu Aquascape merupakan bahan yang sering digunakan untuk hiasan akuarium seperti penggunaan kayu kreket, kayu rasamala, kayu santigi, kayu senggani. 

Kayu yang digunakan untuk aquascape bagi anda yang kurang tahu zat yang ada di dalamnya biasanya ketika pertama kali kita akan sangat antusias dan tidak sabar ingin segera melihat hasil akhirnya. Kita ingin secepatnya melihat ikan favorit kita berenang di akuarium yang telah dibuat. Namun pertama kali membuat aquascape biasanya orang orang mengalami beberapa kendala yang tidak terpikirkan. Yang sering terjadi adalah air dalam aquascape berubah warna menjadi kuning.



Kenapa hal ini bisa terjadi ? apa penyebabnya ?

Ada beberapa jawabannya yaitu karena tanin, pasir yang kotor, atau air dari sumur bor.

Baca Juga : Gambar dan foto menarik aquascape

Berikut adalah beberapa penyebab air dalam aquascape berwarna kuning

1.Kandungan tanin yang tinggi

Biasanya hal ini disebabkan oleh kayu yang ada dalam aquascape. Kayu mengandung tanin yang apabila direndam dalam air maka tanin akan keluar dan mengubah warna air menjadi kuning kecolatan seperti air teh. Selain kayu, tanin juga bisa disebabkan oleh dedaunan tanaman yang layu dan membusuk.

2.Pasir

Menggunakan pasir dalam aquascape memang tidak akan langsung membuat warna air menjadi kuning, namun dikemudian hari dapat membuat air menjadi keruh dan terlihat seperti minyak di permukaan air.

3. Air

Air dari sumur bor dapat membuat aquascape menjadi berwarna kuning. Hal ini dikarenakan air sumur bor mengandung mangan (Mn) dan besi (Fe).

4.Terlalu banyak ikan

Terlalu banyak ikan juga mempercepat air menjadi berwarna kuning.

Jika kita memelihara banyak ikan namun tidak disertai dengan perawatannya maka akan menyebabkan kotoran organik tertimbun dalam air dan memyebabkan air menjadi keruh.

Cara mengatasi air aquascape kuning

Berikut adalah beberapa cara mengatasi air aquascape kuning

1. Rebus kayu

Rebus kayu sampai tenggelam, buang air rebusan dan lakukan secara berulang sampai air rebusan berwarna jernih. Hal ini dapat mengurangi kandungan tanin pada kayu.

2. Bersihkan pasir sebelum digunakan

Rendam pasir sebelum digunakan pada aquascape. Kemudia buang partikel kecil pada pasir yang mengambang.

3. Penggantian air secara rutin

Sebaiknya penggantian air dilakukan seminggu sekali. Tidak perlu diganti semua, buang air sekitar 30% lalu menggantinya dengan air baru.

4. Gunakan karbon aktif pada filter

Karbon aktif berfungsi sebagai filtrasi untuk membuat air aquascape menjadi jernih. Selain itu karbon aktif pada filter juga dapat menghilangkan bau air yang tidak sedap.

Zat didalam kayu yang dapat membuat kuning air pada dasarnya tidak berbahaya bagi tanaman dan ikan aquascape. Untuk menguranginya secara umum sering lakukan pengurasan dan gunakan filter yang bagus untuk menghilangkan warna kuning pada air. Bagi yang membutuhkan kayu aquascape bisa hubungi Alamikan