Kerap Tertukar, Ini Dia Bedanya Long Dress dan Gamis

Pexels

Bedanya long dress dan gamis seringkali dicari tahu oleh banyak orang. Pasalnya kedua busana tersebut memiliki ukuran yang sama panjang, sehingga hampir sulit dibedakan. Meski begitu, keduanya juga memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri yang disukai oleh banyak wanita.

Perbedaan Long Dress dan Gamis yang Perlu Diketahui

Baik long dress maupun gamis sama-sama membuat tampilan lebih keren dan fashionable, yang terpenting Anda bisa mix and match pakaian dengan baik dan sesuaikan dengan ukuran tubuh. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan long dress dan gamis yang bisa Anda ketahui yaitu:

1. Pengertiannya

Sebelum mengetahui perbedaannya, alangkah baiknya jika Anda mengenal kedua busana ini lebih jauh. Bagi umat muslim tentunya sangat mengenal gamis karena pakaian ini melekat bagi para muslimah.

Apa itu gamis? Gamis merupakan pakaian panjang atau jubah yang dominan digunakan oleh masyarakat di negara-negara Islam seperti Timur Tengah, Arab Saudi dan termasuk Indonesia. Kata gamis berasal dari kata "khomis" yang artinya bentuk pakaiannya seperti baju kurung yang panjangnya hingga mata kaki dengan lengan yang panjang pula

Pada dasarnya gamis juga bisa digunakan oleh pria, di mana pakaiannya disebut dengan jubah. Hanya saja untuk panjangnya sampai mata kaki dan warna yang sering dipakai adalah hitam atau putih dengan model polos atau simple. Untuk wanita sendiri panjang gamis bisa mencapai kaki karena untuk menutupi aurat.

Sedangkan pengertian longdress yaitu baju panjang atau terusan yang bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya, dengan model yang elegan hingga ramai. Panjang dan model long dress disesuaikan dengan material yang digunakan, misal terdapat long dress berbahan sutra atau scuba untuk membentuk lekuk tubuh pemakainya agar terlihat lebih elegan dan jenjang.

2. Maksud dan Tujuannya

Semua pakaian digunakan untuk menutupi badan, termasuk pada long dress ataupun gamis. Namun kedua busana ini memiliki tujuan dan maksud tersendiri yang tidak sama. Gamis biasanya digunakan oleh para muslimah dengan tujuan untuk menutupi aurat sesuai syariat Islam. Sedangkan untuk long dress bisa digunakan oleh siapapun dengan maksud dan tujuan untuk pergi ke pesta, menghadiri undangan pernikahan, jalan ke pantai dan lainnya.

Meski begitu, long dress juga bisa digunakan oleh muslimah untuk menutup aurat dengan mix and match yang tepat dan dilengkapi outer atau manset. Hal ini akan menambah kesan unik dan menarik pada penampilan Anda.

3. Panjangnya

Long dress dan gamis sekilas memiliki ukuran yang sama-sama panjang, namun jika dilihat kembali, gamis memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar dibandingkan long dress

Biasanya panjang long dress di bawah lutut hingga di atas mata kaki, sedangkan gamis panjangnya hingga bawah mata kaki atau menutupi kaki. Selain itu ukuran gamis juga umumnya besar-besar dan tidak membentuk lekuk tubuh, berbeda dengan long dress yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh untuk memperlihatkan keindahan lekuk tubuh.

4. Modelnya

Bedanya longdress dan gamis selanjutnya dilihat dari modelnya. Umumnya pada model atau cutting gamis selalu sama yaitu potongan a line atau lurus sedangkan long dress memiliki potongan yang lebih beragam mulai dari membentuk lekuk tubuh sampai model lebih flowy.

Makanya tak heran jika zaman dulu jarang sekali ada anak remaja atau muda muslimah yang ingin menggunakan gamis untuk pergi ke acara formal maupun nonformal karena menurut mereka gamis identik dengan pakaian ibu-ibu.

Namun zaman sekarang anggapan tersebut sudah berubah seiring dengan perkembangan dunia fashion muslimah yang semakin maju dan berkembang pesat saat ini. Gamis serta long dress sudah menjadi bagian dari fashion style yang digemari semua kalangan mulai dari anak-anak remaja, muda hingga para orang tua. Kedua model pakaian tersebut juga sering digunakan para muslimah maupun hijaber saat ini

Kini sudah banyak gamis dengan model kekinian dan tak kalah menarik. Jika Anda ingin menggunakan busana dengan konsep campuran antara long dress dan gamis, Anda bisa membeli long dress muslim. Long dress muslim merupakan pakaian panjang untuk para muslimah dengan model dan motif yang kekinian untuk membuat tampilan lebih menarik dan menutupi badan.

Long dress muslim ini bisa anda kenakan untuk pergi ke pesta, bermain bersama teman-teman, berkumpul keluarga, acara keagamaan atau ke acara lainnya dengan sopan dan tetap menarik. Jika Anda ingin membeli long dress muslim, Anda bisa membelinya dengan mudah dan praktis di Blibli.

Blibli merupakan marketplace online terbesar dan terpercaya buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2011 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja. Berbelanja di Blibli tentunya sangat menguntungkan, efisien dan efektif. Anda bisa mendapatkan pelayanan optimal, seperti berbelanja di mana saja dan paket belanjaan akan diantar ke rumah.

Anda bisa menemukan beragam produk di Blibli mulai dari fashion dan aksesoris, produk elektronik, hingga produk kebutuhan rumah tangga. Tak perlu khawatir berbelanja di Blibli karena Anda akan mendapatkan produk berkualitas, original, dan tahan lama.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai Bedanya longdress dan gamis. Ingin menambah koleksi pakaian Anda? Ayo beli di Blibli sekarang juga!