Kepiting adalah hewan yang jarang digunakan untuk hiasan akuarium di indonesia hewan ini belum terlalu populer, tapi perdagangan kepiting di dunia sudah banyak, berbagai jenis kepiting hias siap di jual di pasaran dunia.

Kepiting biasa yang ada diindonesia biasanya dipanggil Yuyu adalah sejenis kepiting air tawar. Kata ini diambil dari bahasa Jawa.

Di perairan Indonesia diperkirakan lebih dari 100 spesies jenis kepiting yang tergolong dalam keluarga Portunidae. Portunidae merupakan salah satu keluarga kepiting yang mempunyai pasangan kaki jalan dan pasangan kaki kelimanya berbentuk pipih dan melebar pada ruas yang terakhir dan sebagian besar hidup di laut, perairan bakau dan perairan payau

Ketam air tawar ini ada banyak jenisnya, dan kerap didapati di sungai-sungai, danau, dan persawahan sedangkan jenis Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.

walaupun kepiting mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam tetapi seluruhnya mempunyai kesamaan pada bentuk tubuh. Seluruh kepiting mempunyai Chelipeds dan empat pasang kaki jalan. Pada bagian kaki juga dilengkapi dengan kuku dan sepasang penjepit. Chelipeds terletak di depan kaki pertama dan setiap jenis kepiting memiliki struktur Chelipeds yang berbeda-beda. Chelipeds dapat digunakan untuk memegang dan membawa makanan, menggali, membuka kulit kerang dan juga sebagai senjata dalam menghadapi musuh.

Jenis Ikan Hias Kepiting Populer
1. Red Marble Crab
Nama Latin : Dromia sp.


2. Red Flower Crab
Nama Latin : Dromia sp.


3 Purple Crab
Nama Latin : Dromia sp.



4. Red Tomato Crab
Nama Latin


5. Orange Pincer Crab
Nama Latin :Dromia sp.


6. Tri Colour Crab
Nama Latin : Crabsidae sp.


7. Orange Crab
Nama Latin : Dromia sp.


8. Golden Crab
Nama Latin  : Crabsidae sp.



9. Red Cherry Crab
Nama Latin: Crabsidae sp.


10.. Queen Crab
Nama Latin : Thaiphusa sp.


11. Rainbow Crab
Nama Latin: Cardisoma armatum


12. Red Crab
Nama Latin  : Dromia sp.



13. Strawberry Hermit Crab
Nama Latin : Coenobita cavipes


14. Land Hermit Crab
Nama Latin : Coenobita rugosus


Jenis Ikan Hias Kepiting Crab Populer
Sumber Gambar Qian Hu Corporation

Bagus kan jenis ikan Kepiting, yang punya jenis diatas yuk komentar, 
Kalau Punya bagi link gambar sama nama ikannya. 
Dilarang Menulis domain awal "www", "http://", "https://"

Sebagai pecinta ikan (hobiis) sebaiknya anda tau nama ikan tersebut, apalagi anda sebagai penjual yang akan memperkenalkan ikan hias anda