sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » Tanaman Riccia Moss Aquascape

Riccia moss adalah jenis tanaman moss yang memiliki warna lebih hijau terang. Warna moss riccia lebih terang dari jenis moss lain. Perbedaan paling utama dari moss ini memiliki daun seperti tanduk rusa dan tumbuh mengambang pada habitat aslinya. Tanaman ini cenderung mengambang di habitat asli sehingga perlu ditempelkan pada media agar tidak lepas atau terbang kepermukaan air.
Menurut saya tanaman ini dikhususkan bagi pemain aquascaper yang sudah ahli. penanam riccia cukup susah. dikarenakan daunnya mudah hancur. Jika tidak tempat dalam memasangnya daun akan rontok dan hilang. Cara yang umum digunakan menggunakan jaring. Tanaman akan dilem pada sebuah batu dan akan ditutup menggunakan jaring. Saat tanaman mulai tumbuh daun baru tanaman mulai terlihat indah dan cantik.

Tanaman riccia moss disebut juga riccia fluitans. Tanaman ini dapat menyimpan oksigen ini yang membuat tanaman riccia mudah sekali mengambang di permukaan air.

Jika anda suka menggunakan baru yang tingginya sampai keluar akuarium. ricci dapat ditempel dipermukaan baru paling atas. Warna hijau terangnya akan menggelilingi batu sedikit demi sedikit.

Penanaman riccia untuk karpet harus menggunakan media berupa lempengan batu yang sudah berumur cukup. Setelah umur riccia pada lempengan sudah cukup baru ditempatkan pada akuarium. Penempatan dilakukan dengan jarak 2 cm. dalam beberapa bulan akan menyambung membentuk karpet yang indah dan cantik.

Saat menggunakan riccia untuk karpet aquascape, perlu dilakukan pemangkasan secara rutin. Pemangkasan riccia sangat penting tujuannya agar bagian bawah tanaman terkena matahari dan tidak lepas atau terangkat. Tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman tunggal untuk karpet aquascape (foreground). Tanaman riccia lebih sering ditempel menggunakan lem khusus.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 komentar:

  1. Lem buat tanaman riccia moss apa ya gan,mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
  2. Bukannya yg bwat ngeLem itu instan glue itu gan?

    ReplyDelete
  3. Kalau cuma di kasih jaring jaring bisa nggak ya?

    ReplyDelete