Riccardia moss adalah tanaman air tawar yang termasuk dalam jenis moss ukuran pendek, Moss riccardia tumbuh sangat lambat dengan panjang daun sangat pendek. Saya lebih suka menyebutnya tebal daun dari pada panjang. Karena riccardia memiliki bentuk yang cocok untuk dijadikan karpet aquascape.


Riccardia memiliki batang/daun yang cukup kasar berbeda dengan jenis lain. Daun yang kasar hampir mirip dengan jenis riccia. Warna riccardia cenderung hijau gelap. Kelebihan tanaman ini tidak membutuhkan tambahan co2 saat ditanam atau dipasang di dalam aquascape.

Pertumbuhan riccardia memang lambat, tapi dapat tumbuh sangat rapi untuk menghiasi aquascape. Tanaman ini populer di jadikan karpet aquascape dan bagian-bagian pada tipe aquascape bebatuan. Creativitas yang tinggi riccardia juga bisa dijadikan sebagai dedauanan pada pohon. Jadi riccardia bisa ditempatkan diberbagai posisi mulai dari media batu, lempeng, kayu dsb. Cara penempelan riccardia biasanya menggunakan lebih sering menggunakan benang jahit dan lem khusus.

Riccardia moss memerlukan tingkat cahaya tidak tinggi. mulai dari low-medium atau bisa menggunakan semua jenis tingkatan pencahayaan.

Pertumbuhan yang lambat membuat harga riccardia dipasaran lebih tinggi dari jenis moss lain. Dikarenakan lamanya waktu pemanenan pada tanaman ini.