sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » » Tips Pemberian Pakan Burayak atau Benih Ikan Cupang



Banyaknya orang yang mulai berminat budidaya cupang, dikarenakan harga jual yang lumayan. Walau dibilang cukup susah budidaya cupang. Minat untuk mencoba ternak ikan cupang belum pudar. Indukan cupang yang baik adalah berumur lebih dari 5 bulan, semakin besar ikan cupang atau dewasa, burayak (benih) yang didapatkan semakin banyak.

Menurut Alam Ikan ; Pakan yang baik untuk burayak(benih) ikan cupang yaitu kutu air dan cacing sutra, karena sudah umum ada di pasaran dan cukup mudah didapatkan. Ukuran pakan benih ikan cupang sebaiknya sesuai ukuran mulut ikan sehingga mudah untuk dicerna. Untuk ukuran pakan yang cocok adalah penggunaan kutu air, ukuran kecil, dan mudah dimakan burayak.


Pakan lain untuk burayak atau benih ikan cupang dapat menggunakan infusoria dan microworm. pakan ini ukurannya kecil-kecil dan mudah untuk dimakan benih ikan.
Cara memisahkan burayak ikan cupang agar lebih sehat
Burayak Ikan Cupang

Karena burayak atau benih memerlukan protein yang cukup, kadang alternatif pilihan pakan bisa di rubah menggunakan kuning telur. tetapi terdapat masalah dalam pemberian pakan kuning telur, terlalu banyak kuning telur dapat mengotori kolam budidaya. Air menjadi tercemar pakan sehingga menurunkan kualitas air dan dapat menyebabkan burayak atau benih mati.

Berapa seh kisaran penggunaan kuning telur, belum dapat dipastikan intinya pemberian pakan sampingan kuning telur harus habis dalam setengah hari kurang lebih 6 jam.


Cara mengontrol Ikan cupang saat sudah bertelur, Kontrol pemijahan ikan cupang sebaiknya jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan ikan stres, sebaiknya dikontrol 2 hari sekali. Wadah pembenihan ikan cupang sebaiknya tidak terlalu kecil, tempat yang terlalu sempit dapat menyebabkan ikan stres sehingga tidak maksimal dalam mengurus telur-telur yang sudah dibuahi indukan.

Sebelum melakukan pemijahan ikan cupang sebaiknya indukan cupang diberi pakan yang memiliki nilai protein tinggi. Jumlahnya lebih banyak dari biasanya, misal biasanya dikasih makan 3 kali, jadikan 4x untuk merangsang matang gonad. Kegunaan nilai pakan protein tinggi untuk mempercepat matang gonad, dan telur dapat menetas semua, otomatis hasil lebih baik.
Demikian tips dan cara pemberian pakan yang baik untuk Burayak dan Benih Ikan cupang

Keterangan :
Alam Ikan November 2015

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 

Semoga Bermanfaat

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply