Cara budidaya keong mas adalah cara berternak keong mas, agar mendapatkan jumlah yang banyak sesuai keinginan. Tujuan dari budidaya keong mas dalam perikanan adalah untuk menghasilkan keong mas untuk menjadi makanan alternatif / pakan alami ikan seperti untuk budidaya belut. 

Keong mas merupakan hewan herbivora yang memakan berbagai jenis tumbuhan dan sampah tumbuhan, dalam hal budidaya keong mas, jumlah keong mas akan mengikuti jumlah indukan yang ada di dalam kolam semakin banyak indukan yang ada di kolam semakin cepat jumlah keong bertambah di kolam. 

Siklus keong mas memiliki waktu hidup kurang lebih adalah 60 hari, dengan jumlah telur berkisar 1000 buah.  


Kolam budidaya keong mas sebaiknya di tutup dengan jaring atau papan untuk menjaga agar keong tidak kabur. Budidaya keong mas dapat menimbulkan bau yang tak sedap sehingga tempat lebih baik jauh dari keramaian. 

Berikut cara budidaya keong mas
Cara pembuatan tempat budidaya ternak keong mas. 
  • Siapkan kolam terpal/tembok/ tanah, 
  • Kolam budidaya keong Sebaiknya memiliki ketinggian 5 kali dari genangan air. Misal air diisi 10 cm, tinggi kolam adalah 60 cm. Untuk menghindari keong untuk kabur dari kolam
Pemberian Tanaman Air
Setelah kolam diisi dengan air 5-10 cm, masukkan tanaman air berupa enceng gondok, 

Untuk tanaman air seperti hydrilla dan tanaman dasar air lainnya. sebaiknya ditanamkan pada kolam tanah atau tembok. dengan dasar kolam sudah disediakan media untuk akar hydrilla, berupa tanah atau sampah sayuran yang sudah dihaluskan. Jenis tanaman ini biasanya ketinggian air lebih dari 10 cm 

Penebaran Keong mas
Setelah media kolam selesai, keong mas yang didapatkan di alam dapat ditebar di kolam. (Jangan dibanting nanti mati)


Media tempat telur keong mas
Untuk kolam tanah atau kolam semen biasanya keong akan bertelur di samping-samping kolam. sedangkan kolam terpal karena cukup licin keong akan kesusahan untuk bertelur, walaupun dalam waktu lama terpal menjadi tidak licin lagi. 

Untuk penempatan telur dapat disediakan berupa ranting pohong atau kayu di kolam sebagai tempat untuk bertelur keong.

Pakan Budidaya Keong Mas
Pakan keong mas meliputi daun-daunan lunak seperti daun sawi, daun selada, maupun daun eceng gondok dan lain sebagainya. Pastikan untuk memberi makan keong mas Anda 3-4 kali sehari karena jika sampai kekurangan pakan, keong mas bisa mati. Sementara itu, untuk cara ternak keong mas yang baru saja menetas, makananya agak berbeda yaitu alga lumut atau bahan organic yang sudah dihancurkan dengan sangat halus.


Pemanenan budidaya keong mas'
Keong mas dapat di panen setelah berumur 1 bulan di dalam kolam
Saat jumlah anakan sudah dirasa mulai dewasa keong bisa dipanen sesuai ukuran yang dikehendaki.

Semoga Bermanfaat