Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah Sejenis tanaman air yang hidup mengapung diatas permukaan air, eceng gondok dapat berkembang biak secara cepat di air. Tanaman eceng gondok sebenarnya merupakan tanaman yang buruk jika berada diperairan lepas karena dapat menghambat aliran air dan merusak sistem pelayaran, hal ini disebebakan jumlah eceng gondok yang banyak dalam suatu wilayah karena kecepatannya berkembangbiak. dan Eceng gondok dapat tumbuh mencapai 1 meter jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Manfaat eceng gondok untuk budidaya ikan  
Eceng gondok dapat dijadikan tanaman yang efektif untuk membuang kotoran ikan di air. Akar yang tua berwarna hitam dan muda berwarna putih. Akarnya dapat tumbuh hingga 45 cm. Kalau dasar kolamnya lumpur dan akarnya sudah sampai kesana, ia akan tumbuh lebih cepat lagi.

Eceng gondok dapat mengendalikan pemangsa oksigen kolam seperti ganggang, hal ini desebabkan eceng gondok akan menutupi perairan sehingga sinar matahari tidak turun kedasar, dan memakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ganggang tersebut

Eceng gondok merupakan tanaman air yang dijadikan tempat untuk pemijahan ikan seperti ikan cupang, dan ikan lainnya. 

Eceng gondok selain dapat menghambat sinar matahari, juga dapat menjadi peneduh perairan sehingga ikan tidak kepanasan, dan sebagai tempat bersembunyi ikan. fungsinya untuk menaungi air kolam dan menyediakan tempat bagi ikan untuk kabur dari panas matahari.


Semoga Bermanfaat