Apa sih bedanya EM4 dengan M21? untuk bahannya adalah mikroorganisme tetapi secara apa namanya kandungan bakterinya itu lebih lengkap M21, jenis bakterinya sekitar 6 jenis bakteri. sedangkan untuk EM4 cuma mengandung dua bakteri. Fungsinya sama dua-duanya adalah sebagai pembenah tanah dan sebagai bahan untuk fermentasi pupuk kandang ataupun fermentasi bahan dekomposisi bahan-bahan organik di dalam tanah atau kunci pupuk kandang 

Fungsinya hampir sama tapi secara kandungan itu lebih banyak kandungannya M21 ya karena dia mengandung enam mikroorganisme. Pada M21 itu ada tambahan yang cukup familiar bagi kita untuk antisipasi apa namanya jamur-jamur patogen salah satunya adalah trichoderma dari enam bakteri ada salah satu trichoderma yang cukup membantu teman-teman petani untuk bisa mengantisipasi munculnya jamur patogen.

M4 itu cuma ada dua bakteri untuk aplikasinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Kalau hanya untuk fermentasi pupuk kandang gitu disarankan pakai yang M4, harganya lebih murah tapi kalau teman-teman pengin aplikasi di ladang antisipasi bebas dari jamur patogen bisa pakai M21 lebih lengkap.

Tapi apa benar M4 dan M21 itu berbeda? coba lihat pengertiannya saya tambah dengan bakteri starter akuarium dan yakult

1. Bakteri starter aquarium merupakan mikro organisme yang membantu melawan bakteri patogen yang berdampak buruk baik ikan. Fungsinya untuk mengurai kotoran dan sisa pakan. Mengurai racun Amonia (NH3) dan hidrogen sulfida (H2S) membantu penyerapan nutrisi dalam sistem pencernaan. 

Cuman saya penulis belum tau isi dari bakteri ini coba komen yang tau isi dari bakteri starter??

2. EM4 Mikroorganisme yang terkandung dalam EM4 antara lain Lactobacillus sp., Khamir, Aktinomisetes dan Streptomises. Manfaat EM4 Peternakan Pada Unggas Menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam perut ternak . Memperbaiki dan meningkatkan kesehatan ternak. Meningkatkan mutu daging ternak. Mengurangi tingkat kematian bibit ternak. Larutan EM4 merupakan bakteri yang menyuburkan bahan organik tanah menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah. 

Ada yang bilang EM4 250 ml bisa di ganti yakult 5 botol. 

3. M21 berfungsi Mempercepat dan meningkatkan kualitas pembuatan pupuk cair dari urin . Mempercepat dan meningkatkan pembakaran jerami dan daun batang jagung (atau bahan lain untuk pakan ternak). Pemberian pakan kering akan membantu menghilangkan bau busuk pada kotoran ternak. Menghilangkan bau busuk pada limbah atau kotoran. Jenis bakteri Lactobacillus sp, azotobacter sp, rhizobium sp, pseudomonas sp, trichoderma sp, actinomucales sp. 

4. Yakult bermanfaat untuk membantu: Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus. Menekan pertumbuhan bakteri merugikan. Mengurangi racun di dalam tubuh. Yakult adalah minuman susu yang dipanaskan yang mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri L. casei Shirota strain ditiap botolnya.

Sekarang kita lihat fungsi masing-masing bakteri :

1. L. casei Shirota. ( Lactobacillus casei Shirota) bermanfaat bagi sistem pencernaan. bakteri unggul yang tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga mampu mencapai usus kecil dalam keadaan hidup serta menguntungkan bagi kesehatan manusia

2. Lactobacillus Sp. bertindak sebagai agen probiotik dan flora normal sehingga dapat berperan untuk membatasi pertumbuhan bakteri patogen . Lactobacillus juga berfungsi untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Lactobacillus sp. merupakan mikroflora normal usus yang paling banyak berperan viii menjaga kesehatan fungsi saluran cerna, sehingga genus ini banyak digunakan dalam pengembangan produk probiotik sebagai pengganti antibiotik, meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas ternak.

3. Saccharomyces cerevisiae merupakan spesies khamir (mikroorganisme jamur bersel tunggal).Jamur ini digunakan dalam industri fermentasi karena kemampuannya dalam menghasilkan alkohol.Jamur Saccharomyces merupakan jenis khamir atau ragi atau yeast yang memiliki kemampuan mengubah glukosa menjadi etanol dan CO2.  Fungsi sebagai probiotik dan imunostimulan untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak seperti ruminansia, unggas ataupun ikan . 

4.  Azotobacter Sp merupakan bakteri yang biasa digunakan di bidang pertanian untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. bakteri mengikat nitrogen bebas dari udara untuk difiksasi menjadi nitrit lalu diubah menjadi nitrat dan penghasil zat pengatur tumbuh siap diserap oleh tanaman

5. Rhizobium spmerupakan mikroba tanah yang mampu mengikat nitrogen bebas di udara menjadi amonia (NH3 ) yang akan diubah menjadi asam amino yang selanjutnya menjadi senyawa nitrogen yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

6. Pseudomonas Sp merupakan bakteri karbonoklastik yang mampu mendegradasi berbagai jenis karbon. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih. Bakteri ini memiliki kemampuan menghasilkan zat pengatur tumbuh yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman .

7. Trichoderma, sp merupakan cendawan (fungi) yang termasuk dalam kelas ascomycetes. Jamur Trichoderma sp. merupakan mikroorganisme tanah yang bersifat saprofit yang secara alami menyerang jamur patogen dan bersifat menguntungkan bagi tanaman. Salah satu jamur penghuni tanah yang berfungsi sebagai pupuk biologi dan agen pengendali hayati terhadap mikroba lainnya khususnya dari kelompok penyakit pathogen tanaman.

8.  Escherichia coli ( E .coli ) adalah bakteri yang hidup di dalam usus manusia untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan

Untuk bakteri lain dalam M21 tidak bermanfaat untuk tanaman, dan tidak cocok untuk hewan. 

Sedangkan untuk merek lainnya silakan cek saja jenis bakteri yang terkandung dalam produk tersebut. 

Cara mengaktifkan dan Fermentasi EM4, M21, lama fermentasi bisa didiamkan di wadah tertutup selama 3-7 hari. 

Berapa lama EM4, M21 bisa disimpan? Penggunaan larutan molas/gula yang telah difermentasi dengan EM4 tidak boleh lebih dari 1 (satu) bulan dan selalu disimpan dalam wadah (jirigen/botol yang tertutup.

Setelah saya menulis ini ada 2 kesimpulan EM4, yakult cocok untuk hewan dan tanaman sedangkan M21 hanya cocok untuk tanaman.  Saya belum melakukan penelitian Misal pun salah saya mohon maaf silakan komentar jika anda lebih tau. 


Pengunaan M21 dan M4 ini biasanya diiringi dengan kapur dolomit, jadi apa fungsi dolomit.

Dolomit merupakan batu kapur yang berbasis karbonat terdiri dari campuran magnesium karbonat dan kalsium karbonat (CaCO3)

Dolomit digunakan untuk apa?

Pada umumnya, kapur dolomit berbentuk halus (bubuk/tepung halus) yang bersifat homogen dan berwarna putih kecokelatan. Kegunaan utama kapur ini adalah untuk meningkatkan pH tanah maupun air serta menetralkan kadar keasamannya.

Jika pemberian dolomit dilakukan secara bersamaan dengan pupuk seperti NPK dan Urea, maka akan terjadi reaksi antara kapur dengan pupuk tersebut . "Jadi jangan sekali-kali memupuk dolomit secara bersamaan dengan pupuk organik dan kimia, bukannya memperbaiki kesuburan tanah tapi malah merusaknya,

Manfaat dolomit antara lain : memperbaiki tingkat keasaman tanan agar sesuai dengan pH yang dibutuhkan tanaman, menetralisir zat-zat yang dapat meracuni tanah seperti Almunium (Al) Besi (Fe) dan Tembaga (Cu), meningkatkan proses penyerapan zat-zat hara, serta membentuk zat hijau daun dan menggemburkan tanah .


TAMBAHAN

fungsi masing-masing bakteri :

9.  Bakteri fotosintesis atau photosynthetic bacteria (PSB) adalah bakteri autotrof yang bisa berfotosintesis dengan sendirinya. 

Salah satu Bakteri fotosintesis atau (Synechococcus sp) ini adalah merupakan salah satu jenis bakteri fotosintesis dari kelompok bakteri cyanobacteria, memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi dalam jaringan daun tanaman dan melakukan fotosintesis sekaligus mampu menambat nitrogen bebas di atmosfer.

10. Rhodopseudomonas palustris yang merupakan bakteri fotosintetik yang multi-manfaat, salah satunya berperan dalam menstabilkan jumlah karbondioksida di atmosfer. habitat pada umumnya bakteri Rhodopseudomonas palustris adalah di rawa-rawa. dapat berperan sebagai biodegradasi,mengatasi pemanasan global dengan menstabilkan kadar CO2 di atmosfer, degradasi senyawa hidrokarbon aromatik nonsiklik, dapat membentuk asam amino, asam nukleik, zat bioaktif dan gula yang semuanya berfungsi untuk memepercepat laju pertumbuhan tanaman.

11. Nitrosomonas europaea yang merupakan bakteri nitrifikasi autotrof yang tidak dapat tumbuh pada media glukosa, namun dapat mentolelir media fruktosa tunggal. Nitrosomonas europaea sebagai bakteri pengoksidasi amonia autotrof. Organisme ini memainkan peran sentral dalam ketersediaan nitrogen untuk tanaman dan membatasi fiksasi C02. Bakteri ini adalah pemain penting dalam pengolahan limbah industri dan limbah pada langkah pertama mengoksidasi amonia menjadi nitrat. N. europaea juga mampu mendegradasi berbagai senyawa organik terhalogenasi, termasuk trikloretilen  Bakteri ini mirip dengan no 4 dan no 5

12. Nitrobacteraceae. Spesies nitrobakteria meliputi Nitrobacter winogradskyi, Nitrobacter hamburgensis, Nitrobacter vulgaris, dan Nitrobacter alkalicus. 

Nitrobacter ini adalah bakteri yang berperan penting dalam mengikat nitrogen bebas dari udara untuk difiksasi menjadi nitrit lalu diubah menjadi nitrat dan siap diserap oleh tanaman.Bakteri tersebut membutuhkan oksigen dan makanan berupa nitrit untuk hidup dan membangun koloni di media dengan permukaan yang keras dan bersih. nitrobakteria justru menggunakan energi dari oksidasi ion nitrit  ( NO2¯ ) menjadi ion nitrat ( NO3¯ )  untuk mempertahankan hidupnya. Proses pembuatan makanan oleh bakteri inilah yang menyebabkan unsur N dapat diserap tanaman dalam bentuk ion nitrat.Keberadaan nitrobakteria di dalam tanah sangat diperlukan dalam mempercepat proses nitrifikasi sehingga ketersediaan unsur tersebut selalu terjaga bagi tanaman.

13. Bakteri denitrifikasi adalah kelompok bakteri yang memiliki kemampuan untuk melakukan reaksi reduksi senyawa nitrat (NO3-) menjadi senyawa nitrogen bebas (N2).  Nitrogen bebas ini kemudian akan digunakan oleh tanaman dan mikroorganisme lain untuk menunjang pertumbuhannya. bakteri yang mampu melakukan metabolisme ini adalah Pseudomonas stutzeri, Pseudomonas aeruginosa, and Paracoccus denitrificans.

13. Actinomycetes penghasil antibiotik, agen antitumor, enzim, inhibitor enzim dan imunomodifier yang banyak diaplikasikan dalam bidang industri, pertanian, kehutuanan dan industri obat-obatan. Pemanfaatan actinomycetes sebagai pelarut fosfat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penyerapan unsur P dan pelarutan unsur P di dalam tanah. Mirip no 3 dan 14

14. Streptomyces Sp merupakan bakteri yang khas penghuni tanah dan memberikan bau tanah . Penelitian ini ingin memanfaatkan tanah yang diduga banyak mengandung mikroorganisme terutama genus Streptomyces Sp yang dapat menghasilkan antibiotika. Mirip dengan no 3