Perbedaan moss darat dan moss air dalam akuarium aquascape



ada dua jenis moss yang bisa diaplikasikan kedalam akuarium, moss darat cenderung berwarna hijau cerah atau muda, sedangkan untuk moss air warnanya cenderung hijau tua dan gelap. Perubahan warna ini disebabkan tempat hidup tanaman moss. tanaman moss yang terkena udara biasanya warnanya lebih cerah dibanding didalam air. 

Penempatan moss darat biasanya ditujukan untuk model akuarium paludarium sedangkan untuk moss air ditunjukkan untuk aquascape. 

Contoh dan jenis - jenis moss yang hidup didarat dan diair. 

1. MOSS DARAT

Moss darat  contohnya moss mutiara, moss star,dan moss pelia. dan sebagian moss yang berwarna hijau terang yang belum daun air seperti moss weeping, moss java, moss riccia

2. MOSS AIR

Moss air biasnaya daunnya berwarna hijau gelap tua contohnya moss java,moss weeping, moss peacock, moss felia, moss riccardia, moss riccia, moss crismast.

mencari moss terbaik ditoko, moss biasanya dijual dalam bentuk karpetan, clump, dan bahan. 

moss karpetan dan clump artinya moss berbentuk karpet yang menyambung tanpa terpotong dengan ukuran minimal 5cm keatas. sedangkan moss bahan berbentuk bahan yang terpotong biasanya bentuknya seperti rambut atau lebih besar seperti tali ,jenis ini biasanya mossnya panjang panjang. 

keahlian seseorang diuji dari bentuk moss dalam memasang tanaman diakuarium. 

Cara memasang moss menggunakan lem, dan benang. lem yang digunakan biasanya lem botol seperti lem korea, dan benang yang dipakai biasanya benang kain berwarna hitam agar tidak keliatan. untuk sebagian moss biasa dipasang jaring hitam jika inggin memudahkan memasangnya di bebatuan berbentuk bulat. 

Alam ikan aquascape tegal menyediakan moss untuk pembuatan aquascape dan menerima jasa setting aquascape.