Sering sekali Merasa merawat Aquascape itu sulit terus sering gagal dan akhirnya menganggap Aquascape adalah hobi yang ribet ya memang ribet sih sebenarnya bayangkan aja tanaman enak-enak hidup di alam yang sudah disediakan semuanya oleh alam kemudian kalian taruh di Aquascape atau akuarium.


Oke Langsung aja Tanaman apa sih yang benar-benar mudah dan tetap bisa hidup walaupun kita kasih peralatan seadanya jadi seadanya disini bukan berarti tanpa peralatan pendukung ya? ada minimumnya seperti itu. Wajib punya peralatan lampu aquascape dan filterisasi.

Tanaman pertama adalah baby Tears.

Nah tanaman ini masuk kategori tanaman tergampang, jika kalian gagal menghidupi tanaman ini otomatis tanaman lainnya juga bakal sulit untuk hidup tanaman ini bisa kalian tancap atau bahkan kalian ikat di kayu dan batu sebetulnya enggak pakai pupuk dasar tanaman ini masih bisa hidup.

Menanam tanaman ini sangat mudah karena Baby Tears dapat tumbuh pada kondisi minim Co2 dan minim cahaya. 

Tanaman kedua hydrophila corymbosa nah varian dari hidropila corymbosa

jenisnya sangat banyak teman-teman seperti hidropila siamensis, compact, streat tacos Tata dan teman-temannya juga ada hidropila difformis, nah ini juga tanaman badak yang bisa hidup di parameter yang sangat luas. Jika tetap gagal menumbuhkan tanaman ini ya tanaman stemplant lainnya juga pasti gagal. Jenis stemplant butuh media tanam untuk menumbuhkan tanaman ini karena dia merupakan tanaman tancap Jadi butuh media seperti pasir malang silika kalau bisa Soil.

Tiger lotus juga mudah jika sudah daun air
Spaterdog juga mudah jika sudah daun air


Tanaman jenis ketiga yaitu adalah dari jenisnya echinodorus tenellus, sagitaria karena ini adalah salah satu tanaman karpet super mudah untuk kalian. peralatan seminim mungkin bisa hidup karpet. Jika kalian gagal menumbuhkan tanaman ini Maka Tanaman karpet lain bakal kemungkinan besar ya gagal seperti Monte hairgrass dan cuba itu pasti nggak mungkin hiduplah kecil.

Echinodorus Tenellus memiliki daun yang memanjang dengan warna hijau cerah yang sangat cocok untuk aquascape. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok sword plant. Echinodorus Tenellus menyukai substrat yang bagus dan bernutrisi, serta membutuhkan cahaya yang Medium – High.

Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman rumput. Tanaman ini tumbuh melalui sulur atau runner. Sulur akan tumbuh lalu tumbuh lagi dan lagi, dan seterusnya. Sagittaria Subulata membutuhkan cahaya medium-high dengan Co2 yang rendah.

Tanaman ini gampang tumbuh dan cocok buat kalian yang gak mau ribet untuk membuat CO2.


Kali ini yang Aquascape tanpa injeksi CO2 pada tema vallisneria natans, atau tanaman belakang hijau yang panjang-panjang itu. tema ini termasuk dalam kategori model natural dengan kebanyakan sampa 70% isinya tanaman, dengan pemanis bebatuan dan hiasan kayu. 

Tanaman keempat ada dari jenisnya cryptocoryne Wendtii varian dari jenis ini itu juga tanaman yang super-super mudah jika gagal menumbuhkan tanaman ini ya aku nggak bisa berkata apa-apa lagi. mungkin akuarium anda bukan dibangun untuk Aquascape karena tanaman ini gampang banget namun tidak semua cryptocoryne mudah jenisnya seperti yang ada di Kalimantan tanaman striolata ferruginea kemudian SilverQueen atau yang dari Sumatera crypto Nuri dan lain-lain itu sulit ya atau crypto parva yang kecil tuh sulit.








Cryptocortine memiliki lancip dengan tinggi samapai 10 cm pada ukuran besar. Tanaman ini memiliki warna hijau cerah dengan bentuk daun yang menarik. tanaman ini lebih cocok digunakan pada tank ukuran jumbo


Tanaman kelima nih ada varian yang kuat cukup badak selain jenis hidropila agak gede ya jadi disini ada yang lebih kecil daripada hidropila jadi buat kalian yang lebih Advance ya varian itu ada yang ludwigia polysperma ludwigia Rubin, ludwigia ovalis,ludwigia palustris. Nah ini jadi varian termudah dari jenis ludwigia walau menurut saya lebih mudah tanaman baby tier.


Ada juga jenis stemplant jenis bacopa terutama bacopa monieri

kalian kalau misalnya gagal tanaman-tanaman ini ya Maka Tanaman stem seperti rotala dan teman-temannya yang merah merona itu ya udah nggak mungkinlah atau mungkin kecil kemungkinan untuk hidup. 

Peralatan wajib untuk menumbuhkan tanaman stemplant diatas yaitu untuk akuarium 40cm lampunya 18 watt, akuarium 50cm 21 watt, dan akuarium 60cm 24watt, bisa pakai pakai lampu pabrikan dan custom hpl. 

Tanaman keenam tidak bisa di bilang gampang, karena bucephalandra Enggak saya masukin ke tanaman yang gampang. karena tanaman bucephalandra yang beredar sekarang itu sebagian besar jenis yang sulit dan sedang jadi bukan tanaman yang gampang,  sebagian besar jenis bucephalandra yang gampang itu kebanyakan sudah musnah dialamnnya.

jadi di tahun 2011-2015 memang banyak beredar jenis bucephalandra, dan akhirnya digolongkan menjadi tanaman mudah di 2018 sampai sekarang. Tapi itu sebagian besar yang beredar jenis yang sulit.

Dulu tanaman bucephalandra yang sulit enggak begitu laku Karena bucephalandra sekarang sudah habis di alam, bucephalandra jenis yang sulit pun sekarang dijual.

Kalian harus tahu tanaman bucephalandra dipasaran dengan nama ABCD itu ya, contohnya misalnya mini coin belum tentu sama dengan mini coin ketika pertama kali diperkenalkan. Sekarang banyak seller yang hanya cocoklogi dalam penamaan bucephalandra jadi Ketika dilihat kecil mini daunnya bulat Ya udah ini namanya minikoin seperti itu. ketika dilihatnya banyak bintik-bintik dan warnanya merah disebut Brown red. Padahal itu bukan varian atau spesies yang sama dengan yang pertama kali diperkenalkan otomatis karakternya akan berbeda dengan aslinya. Jadi sekarang itu sudah enggak jelas lagi penamaannya.

Tanaman bucephalandra yang masih bisa di validasi dengan kemungkinan hidupnya mudah seperti bucephalandra Skeleton King itu jelas bentuknya,bucephalandra Paris Velvet bucephalandra biblis,bucephalandra pink Lady, bucephalandra mini Boyan jenis-jenis itu bisa dikatakan 90% itu masih ori ya.

Tanaman anubias tanaman yang tahan banting ada berbagai jenis rata2 mudah dalam perawatannya.

Anubias nana s 
Anubias nana L
Anubias nana

Tanaman Moss jenis tanaman mudah yang butuh kebutuhan co2 rendah dengan air bersih dan air yang dingin. Moss yang kategori paling mudah adalah jenis moss pelia, moss spiky, moss peacock. untuk jenis yang perawatannya standar jenis moss flame, moss java, moss weeping.  Dan jenis yang lebih susah lagi moss riccardia.

Moss aquascape contoh gambar alam ikan





Tanaman Kadaka lumayan mudah yang mirip dengan moss. butuh kebutuhan co2 rendah dengan air bersih dan air yang dingin.


Kadaka

Sebelum saya akhiri mungkin buat teman-teman yang ingin berbelanja kebutuhan dalam Aquascape bisa Langsung cek di marketplace ALAM IKAN di Tokopedia dan shopee,atau kontak langsung wa ALAM IKAN, Terima kasih dan sampai jumpa