Nama Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru belakangan ini menjadi tersorot. Hal ini dikarenakan Presiden Joko Widodo mempromosikan Pasar Ikan Muara Baru ini di akun Instagram pribadinya.

Presiden juga menyebut Pasar Ikan Muara Baru ini mirip dengan Tsukiji Fish Market yang berada di negara Jepang.


Tidak seperti pasar ikan pada umumnya, Muara Baru memiliki fasilitas yang membuat pedagang dan pembeli nyaman dalam melakukan transaksi jual beli.

Pasar Ikan Muara Baru ini mempunyai fasilitas seperti area parkir yang luas,ruko souvenir, hingga food court yang menjual jasa masak ikan segar yang dibeli pengunjung.

Walaupun pasar ini memiliki fasilitas yang lengkap, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika berbelanja di pasar ini agar semakin nyaman

1. Waktu

Pasar Ikan Muara Baru buka mulai dari pukul 17:00 WIB sampai tengah malam.

Biasanya jam 15:00 WIB para pedagang sudah berkumpul dan menyiapkan dagangannya.

Jika anda ingin berbelanja dengan nyaman, ada baiknya datang sebelum jam 19:00 WIB karena puncak ramainya pengunjung terjadi pada jam tersebut.

Dengan begitu anda akan lebih leluasa berkeliling pasar dan memilih ikan yang akan dibeli.

Selain itu jika anda datang terlalu malam, jalan disekitar pedagang mulai digenangi air. Air ini berasal dari es yang digunakan untuk merendam ikan yang mulai mencair.

2. Pakaian 

Karena pasar tempat berkumpulnya banyak orang, ada baiknya anda menggunakan pakaian dengan bahan yang nyaman, tidak tebal dan tidak panas. Hindari penggunaan celana panjang karena mudah kotor terkena cipratan dari genangan air.

3. Alas Kaki

Jangan menggunakan alas kaki berbahan kain atau kulit sintesis saat mengunjungi pasar ini.

Disarankan menggunakan alas kaki dengan bahan karet. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir melewati jalan yang tergenang air.

4. Membawa uang tunai

Pembayaran di Pasar Ikan Muara Baru ini hanya menggunakan uang tunai.

Jika anda terlupa membawa uang tunai, ada mesin ATM BRI di area parkir.

5. Membawa kantong belanja

Pengelola Pasar Ikan Muara Baru berharap dapat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Jadi usahakan membawa kantong belanja sendiri dari rumah.