Perbedaan tema aquascape dan paludarium

Tren hobi yang digemari belakang ini ikan hias yang dipelihara di aquascape dan paludarium mulai populer. Berbagai jenis ikan hias mulai bermunculan dan disukai banyak orang seperi ikan yang cocok untuk penghuni aquascape dan paludarium. Ikan hias seperti gupi, cupang, neon tetra, dan discuss menjadi primadona bagi para pecinta ikan hias. Tren pemeliharaan ini berubah dengan mendesain akuarium menjadi lebih cantik dengan menambahkan bumbu bumbu seni di dalamnya. Desain ini dapat disebut aquascape dan paludarium.


Aquascape Air tejun Alam Ikan


Sebelum ada aquascape dan paludarium,  Ikan hias hanya dipelihara di dalam akuarium yang dilengkapi bebatuan atau benda mati lainya. Namun saat ini pecinta ikan mulai beralih pada aquascape dan paludarium. Yang dinilai lebih hidup karena lebih banyak mahluk hidup yang ada didalamnya.

Aquascape adalah seni memperindah akuarium dengan menata komponen batu, karang, pasir, kayu dan tanaman air dalam akuarium. Aquascape dapat diterapkan dalam pemeliharaan ikan hias air tawar atau ikan hias air laut di dalam akuarium. Sedangkan paludarium merupakan gabungan habitat air, darat, dan udara dalam sebuah media kaca. Agar terlihat perbedaan antara darat, air dan udara, paludarium hanya terisi air setengah atau sebagian dari media kaca. Sedangkan pada aquascape volume air memenuhi akuarium.namun keduanya bertujuan sama yakni menciptakan habitat baru dalam kondisi terkontrol yang sesuai dengan habitat aslinya.

Aquascape biasanya akan ditinggali dengan hewan-hewan air seperti ikan, udang, siput air, dan lain-lain. Sedangkan paludarium dapat ditinggali lebih banyak hewan  karena mengcakup di air, darat, dan udara, seperti ikan, hewan amfibi, penyu, serangga, bahkan burung bisa tinggal dalam paludarium jika ukuranya memungkinkan .

Tanaman yang digunakan aquascape biasanya seperti  tanaman air seperti eleocharis parvula, hemianthus callitrichoides, hygrophila difformis,  dan sebagainya. Sedangkan tanaman yang digunakan dalam paludarium dapat menggunakan tumbuhan apa saja, baik tanaman darat maupun tanaman air, seperti teratai, varen, hyfrocleys nymphoides, eceng gondok, dan sebagainya.

Paludarium

Paludarium didominasi oleh flora dengan bagian vegetatif permukaan, maka tidak ada kebutuhan khusus untuk pasokan tambahan CO2. Tanaman yang ditanam  akan memiliki banyak CO2 dari udara ruangan karena bentuknya yang terbuka.


Post a Comment

0 Comments